Unduh Aplikasi

Usai Direnovasi, Bangunan Rusunawa Lhokseumawe Belum Ditempati Pasien Covid-19

Usai Direnovasi, Bangunan Rusunawa Lhokseumawe Belum Ditempati Pasien Covid-19
Kondisi bangunan Rusunawa Lhokseumawe yang dijadikan sebagai tempat isolasi Covid-19, Sabtu (29/8). Foto: AJNN/Sarina

LHOKSEUMAWE - Bangunan Rusunawa Kota Lhokseumawe bertempat di Gampong Ulee Jalan, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe yang direnovasi menjadi tempat isolasi Orang Dalam Pemantauan (ODP) Coronavirus Disease (Covid-19) hingga kini belum ditempati.

Pantaun AJNN, di lokasi tersebut terlihat dua aparat keamanan dari TNI Kodim 0103 Lilawangsa melakukan penjagaan. Akan tetapi, disekeliling bangunan juga terlihat rumput yang sudah kembali tumbuh subur dan tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Dokter Said Alam Zulfikar mengatakan, sampai hari ini Pemerintah Kota Lhokseumawe masih menyiapkan ruang isolasi untuk orang-orang yang membutuhkan, akan tetapi belum ada yang menempati.

“Secara fasilitas kami sudah siap untuk itu. Kalau kami lihat secara psikologis, alasan mereka tidak mau isolasi disana, ketika masuk dalam kondisi sehat akan khawatir dikucilkan atau stigma kalau mereka pasien Covid-19,” kata Said kepada AJNN, Sabtu (29/8).

Karena khawatir timbul stigma, mereka tidak mau menempati gedung tersebut, sehingga masyarakat enggan untuk tinggal dan menempati tempat tersebut mengisolasikan diri.

“Kami tempatkan petugas keamanan disana untuk mengawasi dan menjaga tempat tersebut, selain itu petugas kebersihan juga distanbykan, dan tenaga kesehatan guna memantau setiap saat,” ujarnya.

Disinggung soal menghabiskan anggaran renovasi karena tidak ditempati, Said menjawab, karena ini bencana Covid-19, maka harus disediakan, perkara mau ditempati atau tidak itu belakangan.

“Yang penting kami dari Pemerintah Kota Lhokseumawe sudah mempersiapkan ruang isolasi tersebut, kalau tidak kami siapkan dikhawatirkan akan perlu mendadak, dan akan menimbulkan masalah baru,” imbuhnya.

Komentar

Loading...