Unduh Aplikasi

Usai Dibangun, Pasar Kuliner Pidie Belum Difungsikan

Usai Dibangun, Pasar Kuliner Pidie Belum Difungsikan
Pasar kuliner yang berada kawasan jalan Simpang Empat Keunire, Kecamatan Kota Sigli. Foto: AJNN/Salman.

PIDIE - Pasar kuliner yang berada kawasan jalan Simpang Empat Keunire, Kecamatan Kota Sigli, tepatnya depan terminal terpadu sudah selesai dibangun. Pasar tersebut dibangun oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop dan UKM) Pidie pada tahun anggaran 2020, tapi sampai saat ini belum difungsikan. 

Kepala Disdagkop dan UKM Pidie Zulkifli dikonfirmasi AJNN, Rabu (13/1) mengatakan, rencana awal pasar kuliner tersebut dilengkapi dengan kios penyediaan kuliner, kantor pengelola dan fasilitas lain namun karena anggaran terbatas maka baru selesai dibangun hanya tempat pelataran pengunjung dengan anggaran RP 500 juta dari sumber APBK (DOKA) tahun 2020.

"Anggaran yang tersedia hanya selesai untuk pembangunan tempat pelataran pengunjung jadi masih belum sempurna. Namun itu tergantung arahan pimpinan," ujarnya. 

Pihaknya akan mengusulkan kembali anggaran untuk menyempurnakan pembangunan pasar kuliner tersebut 
supaya dapat dimanfaatkan lebih opimal oleh pedagang.

"Kalau langsung dimanfaatkan atau difungsikan sekarang belum optimal karena masih ada fasilitas lain yang perlu dibangun," kata Zulkifli. 

Zulkifli menuturkan, pasar kuliner nantinya akan ditempati pedagang dibawah pengelolaan dinas. Letak pasar kuliner sangat strategis jadi nantinya menyediakan berbagai varian makanan dan minuman. 

"Teknisnya akan dikelola dulu oleh dinas, jadi mekanismenya akan diatur, para pedagang yang berjualan di pasar kuliner tersebut juga akan dikenakan restribusi," jelasnya. 

Komentar

Loading...