Unduh Aplikasi

Usahanya Mati Total Imbas Covid-19, Pelaku Wisata Minta Perhatian Pemkab Aceh Jaya

Usahanya Mati Total Imbas Covid-19, Pelaku Wisata Minta Perhatian Pemkab Aceh Jaya
Ketua DPC HPI Aceh Jaya, Murniadi. Foto: Ist

ACEH JAYA - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Aceh Jaya meminta Pemkab Aceh Jaya agar memperhatikan dan mencari solusi bagi pelaku wisata di Aceh Jaya yang terdampak Covid-19.

"Saat ini hampir semua bidang usaha yang bergerak di bidang wisata lumpuh total," kata Ketua HPI Aceh Jaya, Murniadi kepada AJNN, Rabu (20/5).

Dedi Penyu sapaan Murniadi mempertanyakan apakah Pemkab Aceh Jaya melalui instansi terkait sudah mendata para pelaku usaha di bidang wisata yang terkena dampaknya di Aceh Jaya. Kemudian sejauh mana perkembangan penanganan terhadap para pelaku usaha wisata di sektor wisata di Aceh Jaya.

"Sudahkah Pemerintah Aceh Jaya mendata para pelaku usaha di bidang wisata yang terkena dampaknya di Aceh Jaya, apa saja penanganannya selama ini," tanya Dedi Penyu

"Jika belum terdata, maka kami minta dinas pariwisata untuk dapat mendata siapa saja pelaku wisata yang terdampak Covid-19," tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga memohon masukan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya untuk kondisi saat ini apa saja yang bisa dilakukan oleh para pelaku wisata supaya usahanya bisa dibuka kembali.

"Kami juga belum mendapat instruksi atau imbauan jika usaha wisata dibuka kembali kira- kira protokol kesehatan seperti apa yang harus dijalani," kata Dedi Penyu.

Namum jika pun tetap tidak diizinkan buka tempat usaha bidang wisata, apakah apa saja bantuan/subsidi yang bisa diberikan kepada para pelaku wisata di masa Covid-19 ini.

"Kondisi sekarang ini merupakan kondisi tersulit bagi pelaku wisata, terlebih bagi kami yang masih mempunyai urusan dengan pengembangan dan tenaga kerja yang saat ini hilang mata pencariannya, apalagi sejauh ini masih banyak destinasi wisata yang sedang dikembangkan di Aceh Jaya," ujarnya.

Komentar

Loading...