Unduh Aplikasi

Upaya Dinas Pendidikan Aceh Hadapi Kendala Belajar Daring di Lhokseumawe

Upaya Dinas Pendidikan Aceh Hadapi Kendala Belajar Daring di Lhokseumawe
ilustrasi. Foto: Detik.com/Edi Wahyono

LHOKSEUMAWE - Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Lhokseumawe terus mengawasi proses belajar mengajar secara daring di daerah tersebut.  Pasalnya banyak kendala yang terjadi mulai jaringan internet hingga siswa tidak memiliki fasilitas smartphone android.

“Kita di Lhokseumawe masih memasuki zona oren, sehingga aktivitas belajar mengajar masih tetap dilaksanakan secara daring. Hal itu sesuai dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Gubernur Aceh,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri HD melalui Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Lhokseumawe, Anwar kepada AJNN, Jumat (25/9).

Anwar mengakui, banyak kelemahan yang dihadapi siswa selama proses belajar mengajar secara daring, mulai tidak memiliki handphone, hingga sejumlah siswa yang tidak merespon materi yang diberikan oleh guru.

“Banyak siswa yang belum bisa serius untuk mengikuti pelajaran secara daring,” ujarnya.

Sambung Anwar, pihaknya dibantu Pengawas sekolah terus melakukan evaluasi untuk mencari solusi hal tersebut. Bahkan setiap hari mereka turun ke lapangan untuk melihat kondisi dan proses belajar mengajar yang berlangsung secara daring.

“Guru tetap diwajibkan hadir ke sekolah, untuk proses pembeljaran secara daring, sesuai dengan jadwal yang ditentukan,” tuturnya.

Untuk penyampaian materi, sambung Anwar, dirinya menyebutkan tetap bisa maksimal, hanya saja tidak bisa sempurna seperti proses belajar mengajar secara tatap muka, jika jadwal ditentukan pukul 08.00 WIB, terkadang siswa malah molor.

“Guru juga sudah berusaha setiap pukul 07.00 WIB sudah menelpon dan WatsApp siswa supaya bisa mengikuti proses belajar mengajar daring tepat waktu,” ungkapnya.

Anwar tidak bisa menyebutkan sampai kapan proses pembelajaran secara daring berlangsung di Lhokseumawe. Semua tergantung dari zona yang ditetapkan, jika zona hijau dan kuning sudah bisa dilaksanakan, namun jika masih merah dan orang tetap harus belajar mengajar secara daring.

“Jika nanti kita sudah zona hijau, maka akan kita surati Gugus Tugas Covid-19 Lhokseumawe, Komite sekolah dan juga wali murid untuk meminta izin agar bisa melangsungkan proses belajar mengajar secara tatap muka, namun hingga saat ini kita belum tau sampai kapan belajar daring akan berlangsung,” imbuhnya.

Komentar

Loading...