Unduh Aplikasi

Untung rugi anjloknya rupiah bagi dunia usaha

Untung rugi anjloknya rupiah bagi dunia usaha
Uang, Foto:okezone
Performa Rupiah di pasar valuta asing masih tersungkur atas menguatnya dolar Amerika Serikat. Namun, pelemahan ini tidak selamanya berimbas kerugian. Ada keuntungan di balik kejatuhan Rupiah.
Bahkan Presiden Jokowi menyatakan, fundamental ekonomi Indonesia justru semakin membaik. Implikasinya seperti pengalihan subsidi BBM, pembangunan infrastruktur dan kondisi pasar saham yang baik.

"Pengalihan subsidi BBM itu memberikan ruang fiskal lebih baik untuk APBN kita. Kedua, pembangunan infrastruktur, dalam sejarah, entah terbesar, Rp 290 triliun itu cukup besar bahwa ekonomi ke depan akan didukung oleh bangunan infrastruktur," ujar Jokowi di JCC, Jakarta, Kamis (12/3/2015).

Namun, ada juga sederet kerugian yang ditimbulkan terhadap kejatuhan rupiah. Apa saja efek domino kejatuhan rupiah? Berikut ini untung rugi anjloknya rupiah bagi dunia usaha, seperti dirangkum dari data Litbang Okezone, Kamis (12/3/2015).

1. Utang luar negeri akan membengkak dan akan menjadi beban.

2. Dari sisi dunia bisnis, pelaku terimbas meningkatnya harga jual alat elektronik, automotif, dan produk industri berbahan baku impor. Banyak perusahaan yang akan terbebani dengan rugi selisih kurs.

3. Eksportir akan menikmati keuntungan dari melemahnya Rupiah. Sebab, harga jual otomatis juga meningkat.

3. Pelemahan ini akan memberikan dampak pada kenaikan suku bunga. Tingginya suku bunga akan menghambat pertumbuhan kredit. Pelemahan rupiah akan memicu tingginya risiko kredit bermasalah (Non-Performing Loan/NPL).

4. Warga negara Indonesia yang ingin berwisata ke luar negeri akan merasakan dampaknya, karena biaya akan lebih mahal. Sementara itu, wisatawan mancanegara akan menikmati murahnya berwisata di Indonesia.

OKEZONE

Komentar

Loading...