Unduh Aplikasi

Untuk Tahun 2020, Stok Buku Nikah di Bener Meriah Mencukupi

Untuk Tahun 2020, Stok Buku Nikah di Bener Meriah Mencukupi
Kakankemenag Kabupaten Bener Meriah, Saidi Bentara. Foto: AJNN.Net/Fauzi Cut Syam.

BENER MERIAH - Ada kabar gembira bagi calon pengantin baru di Kabupaten Bener Meriah, yang akan menikah dalam tahun 2020. Dimana Kantor Kementerian Agama setempat memastikan persediaan buku nikah jumlahnya mencukupi.

"Sampai saat ini saya rasa tidak ada kendala terkait buku nikah, atau kutipan akta nikah, persediaannya masih cukup," ujar Kepala Kakankemenag Bener Meriah, Saidi Bentara kepada AJNN, usai pelaksanaan apel Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag yang ke 74, Jumat (3/1) di Bener Meriah.

Selain buku nikah biasa, Kemenag Bener Meriah juga akan memberikan kartu nikah online bagi pasangan pengantin baru, namun sampai saat ini Kemenag Bener Meriah belum bisa memastikan kapan kartu tersebut bisa dibagikan kepada para pengantin baru.

"Kami sedang mempersiapkan semua hal terkait kartu nikah, namun sampai saat ini belum ada pengantin yang mendapatkan kartu nikah, kami akan mencari waktu yang tepat untuk launching, kalau bisa tahun ini, maka akan kami lakukan," ujar Saidi Bentara.

Sebagai informasi bahwa sejak tahun 2018, Kementerian Agama (Kemenag) telah memberikan kartu nikah kepada sejumlah pasangan pengantin. Kartu ini menjadi fasilitas tambahan yang diberikan kepada pasangan pengantin usai melangsungkan pernikahan.

Dikutip dari laman Republika, penerapan kartu nikah merupakan implikasi logis penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah berbasis website (Simkah Web) yang bertujuan meningkatkan pelayanan publik.

Bentuk kartu nikah yang seperti kartu ATM diharapkan akan memudahkan pasangan suami-istri saat akan membawanya. Kartu nikah itu juga dilengkapi dengan barcode yang di dalamnya berisi seluruh data pernikahan.

Realisasi APBK AJay

Komentar

Loading...