Unduh Aplikasi

JURNALIS WARGA

Unsyiah dapat Juara 1 Kategori Water Gun di Kompetisi Water Bike

Unsyiah dapat Juara 1 Kategori Water Gun di Kompetisi Water Bike
Tim Teknik Mesin Unsyiah saat mengalahkan tim Sakera Muda 1 pada kategori Endurance. Foto: ist

Kompetisi Water Bike (sepeda air) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan ITS Surabaya. Panitia akan mengadakan event besar yang dinamakan Marine Icon 2017 dengan tema “Peran Kratif dan Inovatif dalam Membangun Kebangkitan Maritim”. Event besar tersebut panitia membaginya dalam beberapa event yaitu:
1.Marine Diesel Assembly yaitu adu trampil dalam bongkar pasang mesin diesel dengan mengukur sparepart bagian dalam mesin.
2.National Marine Innovation Competition yaitu ajang kompetisi karya tulis ilmiah bagi mahasiswa untuk menuangkan ide dan inovasi yang dimiliki dalam karya yang akan dilombakan ditingkat nasional.
3.Water Bike Competition yang merupakan ajang adu inovasi untuk berkreatifitas dalam kelincahan serta ketahanan sepeda air.
4.Robotic Boat Competition yang merupakan lomba prototype robot kapal menggunakan sensor jarak dan terintergrasi dengan baterai sebagai suplai dayanya.
5.Eco Solar Boat yang merupakan lomba prototype kapal bertenaga surya dengan system pengendali RC.
Teknik Mesin Universitas Syiah Kuala tahun ini hanya mengikuti Event Water Bike. Lomba water bike ini sudah dilaksanakan selama 8 (delapan) tahun yang lalu.
Berikut tim-tim yang ikut serta dalam kompetisi water bike ini yaitu dari Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya menurunkan 4 (empat) tim (yaitu Rindu Mama, Asem, Lucky Lucifer 1, Lucky Lucifer 2); Universitas Negri Surabaya menurunkan 3 (tiga) tim (yaitu Gamesa Aquatos 2, Gamesa WB 2, Samber Gledek); Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) dari DIII menurunkan 2 (dua) tim (yaitu Cakrabaswara, Cakrabaswara Evo); Politeknik Perkapalan Negri Surabaya (PPNS) menurunkan 2 (dua) tim (yaitu Cakalang 3 dan Posaidon); Universitas Surabaya (Ubaya) menurunkan 2 (dua) tim (yaitu Manufers dan T-Man); Politeknik Negeri Madura (Poltera) menurunkan 3 (tiga) tim (yaitu Sakera Muda 1, Sakera Muda 2, dan Sakera Muda 3); Institut Pertanian Bogor (IPB) menurunkan 2 (dua) tim (yaitu Spirit of Gursa dan Orca); Universitas Indonesia (UI) menurunkan 1 (satu) tim (yaitu Dwibhana); Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menurunkan 1 (satu) tim (yaitu Teknik Mesin Unsyiah); ITS Teknik Mesin S1 menurunkan 1 (satu) tim (yaitu Metic Salamender); SMAN 1 Pasuruan mengirim 1 (satu) tim (yaitu Bipang); SMK 5 Babat menurunkan 2 (dua) tim (yaitu Ragul 1 dan Ragul 2).

Lomba water bike dibagi dalam beberapa kategori yaitu:
1. Water Bike Contest
Water bike contest yaitu kontes yang dinilia oleh 2 (dua) orang juri dari dosen Teknik Perkapalan ITS Surabaya. Penilaian dari juri adalah pemaparan ide, konsep, dan kreativitas pada prototype water bike yang telah dibuat. Kriteria penilaian antara lain adalah filosofi desain, stabilitas, propulsi, keindahan, ergonomis dan poster A3. Juara 1, 2, dan 3 akan ditentukan berdasarkan nilai tertinggi.

Untuk ketagori water bike competition ini tim Water Bike Teknik Mesin Unsyiah mendapat nilai rata-rata sebesar 43 point, dan setelah dirangkingkan berda pada urutan ke 6 (enam) dari 24 tim yang bertanding. Juara 1 Dwibhana UI, Juara 2 Cakrabaswara ITS, dan Juara 3 Bipang SMAN 1 Pasuruan.

2.Water Bike Endurance yaitu mempertandingkan kemampuan sepeda airnya untuk saling tarik menarik (mirio dengan tarik tambang). Peserta dianggap menang apabila mampu menyeret atau menarik lawannya sejauh 2,5 (dua setengah) meter dalam waktu 5 (lima) menit dari garis tengah yang telah ditentukan oleh panitia. Peserta dinyatakan gugur atau diskualifikasi apabila water bikenya terbalik. Jika tali pengait putus, copot atau lepas maka peserta diberi kesempatan 2 x 5 menit untuk memperbaiki.

Tim water bike Teknik Mesin Unsyiah pada kategori hanya berhasil mampu masuk 8 (delapan) besar. Tim teknik mesin unsyiah ini menang dua kali yaitu pertama dengan tim Samber Gledek dan tahap kedua menang menghadapi Satkera Muda 1, tetapi akhirnya kalah menghadapi Lucky Lucifer 1. Juara 1 Kategori ini dimenangkan oleh tim T-Man, Juara kedua oleh tim Asem dan Juara ketiga Lucky Lucifer 1.

3. Water Gun yaitu lomba mengejar lawan dan menghancurkan target dari kertas Koran dengan semprotan air (water gun) di atas danau ITS. Pertandingan ini mirip dengan pertandingan Benteng Takeshi pada salah satu TV Nasional. Sekali tampil terdiri dari 4 (empat) tim yang harus menghancurkan/merobek target pada sepeda air lawan yang target tersebut terletak pada stang setiap water bike, dan peserta tidak boleh melebih arena yang telah ditentukan. Kapasitas ait pada water gun diisikan oleh panitia sebanyak 2 (dua) liter. Hanya satu tim yang menang dan maju ke tahap selanjutnya.

Kategori ini (Water Gun) tim Teknik Mesin Unsyiah Alhamdulillah berhasil mendapat juara 1, Juara 2 (dua) berhasil diraih oleh tim Reagul 1, dan Juara ke-3 berhasil direbut oleh Lucky Lucifer 2.

4.Water bike race yaitu lomba kecepatan, dimana setiap race diadu dua tim siapa yang tercepat. Jalurnya sepanjang danau dari sisi satu sebagai starat dan finisnya kembali lagi ke start. Jalurnya dibuat zig zag (selalom) di awal dan saat kembali baru drag atau lurus dengan kecepatan penuh sampai finis.

Pada kategori ini tim Teknik Mesin Unsyiah hanya berhasil masuk 12 besar. Saat perlombaan, pertama tim Teknik Mesin Unsyiah berhasil mengalahkan tim Dwibhana dari UI, tapi pada babak selanjutnya harus mengalah dari ti Satkera Muda 1 dari Poltera Madura. Juara 1 diarih oleh tim T-Man, Juara 2 Tim Manufer dan Juara ke-3 diraih oleh tim Ragul 1.

Selain itu dari keseluruhan event Water Bike Competition 2017 Alhamdulillah Tim Teknik Mesin Unsyiah berhasil memperoleh Juara Umum Harapan 3 (tiga). Kita tidak hanya membawa nama Unsyiah khusunya Teknik Mesin, akan tetapi kita juga secara tidak langsung membawa nama Aceh, karena kita merupakan peserta terjauh dan satu-satunya dari Aceh. Ini merupakan awal yang bagus bagi Unsyiah khususnya Mahasiswa Teknik Mesin, karena kompetisi ini baru pertama kita ikuti dan kita berhasil meraih Juara 1 pada salah satu dari empat kategori dan pada kategori yang lain kita juga tidak berada pada posisi yang jelek. Alhamdulillah tim Teknik Mesin Unsyiah berhasil melampaui target.
Untuk Lebih detilnya juara umum diraih oleh tim T-Man (Ubaya), Juara Umum ke-2 dari Manufer (Ubaya), Juara Umum ke-3 diraih oleh tim Ragul 1 (SMKN Babat), Juara Umum Hapan 1 diraih oleh tim Dwibahan UI, Juara Harapan 2 diraih oleh tim Lucky Lucifer 1 (UHT), dan Juara Harapan 3 diraih oleh tim Teknik Mesin Unsyiah.

Ditulis oleh: Akhyar, ST., MP., M.Eng (Dosen Pembimbing)

Komentar

Loading...