Unduh Aplikasi

Uni Eropa Tawarkan Rp 96,5 Miliar untuk Mitigasi Perubahan Iklim

Uni Eropa Tawarkan Rp 96,5 Miliar untuk Mitigasi Perubahan Iklim
Gubernur Zaini dan Duta Besar Uni Eropa Vincent Guerend. Foto: Hendra KA
BANDA ACEH - Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend menyampaikan negara-negara di Benua Biru itu akan terus menjalin kerja sama dengan Pemerintah Aceh, khususnya dalam mendukung upaya mitigasi perubahan iklim dan pembangunan ekonomi secara berkesinambung.

Vincent Guerend mengatakan proyek bantuan baru yang ditawarkan Uni Eropa yaitu itu berbentuk “dukungan untuk tanggapan Indonesia terhadap perubahan iklim”. Nilainya mencapai Rp 96,5 miliar untuk periode 2016 – 2019.

Vincent menambahkan proyek ini dirancang untuk mendukung upaya menyesuaikan berbagai inisiatif Provinsi Aceh agar dapat sejalan dengan strategi REDD+ Indonesia yang berupaya mengurangi emisi dari deforestasi dan degradasi hutan.

Uni Eropa juga berjanji akan meningkatkan kapasitas Pemerintah Aceh dalam menerapkan keputusan pemanfaatan lahan dengan baik. “Hal ini akan mendukung pula upaya upaya nasional dalam mitigasi perubahan iklim melalui perencanaan dan penerapan pembangunan rendah karbon,” ujar Vincent.

Vincent menjelaskan Uni Eropa tertarik memilih Aceh untuk proyek ini karena menurutnya provisi Aceh unik dengan sumber daya hutan yang berfungsi dengan baik, utuh dan luas. Aceh dinilai layak menjadi standar bagi Indonesia dan dunia dalam hal mitigasi perubahan iklim dalam sektor pemanfaatan lahan dan hutan,” kata Vincent.

Komentar

Loading...