Unduh Aplikasi

Ulama, LSM dan Masyarakat Aceh Rumuskan Langkah Bantu Muslim Rohingya

Ulama, LSM dan Masyarakat Aceh Rumuskan Langkah Bantu Muslim Rohingya
Konsolidasi Ulama, LSM dan masyarakat Aceh untuk Rohingnya

BANDA ACEH - Sejumlah ulama, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan masyarakat Aceh yang tergabung dalam Solidaritas Aceh untuk Rohingnya telah merumuskan langkah yang dilakukan untuk membantu muslim Rohingya.

Koordinator Solidaritas Aceh untuk Rohingnya, Tgk Faisal Ali mengatakan langkah yang telah dirumuskan akan disampaikan kepada Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Aceh dengan harapan semua dapat ditampung apa yang diinginkan masyarakat muslim untuk warga Rohingya.

"Kita akan meminta Pemerintah Aceh untuk bersama melakukan sesuatu untuk muslim Rohingnya," kata Faisal Ali kepada wartawan usai melakukan konsolidasi Ulama, LSM dan masyarakat Aceh peduli Rohingya, di Aula kantor Majelis Permusyawatan Ulama (MPU) Aceh, Jum'at (8/9).

Faisal berharap, pemerintah bisa melakukan yang terbaik agar warga Rohingya dapat kembali ke daerah kelahiran mereka dengan aman.

"Intinya pemerintah dapat mengembalikan mereka ke tempat di mana mereka lahir," tuturnya.

Adapun langkah yang dirumuskan Solidaritas Aceh untuk Rohingya dalam jangka pendek kurun waktu enam bulan yaitu melaksanakan doa bersama setiap hari Ju'mat, dalam khutbah Jum'at harus menyampaikan terkait musibah Rohingya, menyediakan kapal untuk transportasi dan tempat di Aceh.

Selain itu, juga akan membuat konferensi internasional Aceh untuk Rohingya, melakukan penggalangan dana, membentuk krisis center atau sekretariat bersama di MPU Aceh, kolom khusus untuk publikasi di media sebagai informasi akurat tentang Rohingya, membuat database sebagai catatan penting peran Aceh, mengkampanyekan di tempat ibadah.

Peran MPU Aceh untuk mengeluarkan fatwa terkait kasus Rohingya, setiap Ormas Islam bergerak untuk mengumpulkan dana, menyelenggarakan doa bersama di masjid raya Baiturrahman Banda Aceh dan meminta Gubernur Aceh untuk mengintruksikan kepada jajarannya agar melaksanakan doa untuk Rohingya, pemberian pembekalan kesehatan melalui relawan dan aksi se Aceh untuk Rohingya serta masih banyak hal lainnya hingga jangka panjang.

Komentar

Loading...