Unduh Aplikasi

Ujung Tombak Perang, Ujung Tombak Pemulihan

Ujung Tombak Perang, Ujung Tombak Pemulihan
Ilustrasi: the air land and sea.

RUMAH Sakit Umum Zainoel Abidin memulai pelaksanaan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan. Sedikitinya 1.600 orang tenaga kesehatan di rumah sakit itu telah disuntikkan vaksin anticovid-19. 

Untuk menerima vaksin, para tenaga kesehatan tersebut terlebih dahulu melakukan tahapan screening tes kesehatan berdasarkan alur mekanisme vaksinasi yang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP). Setelah dinyatakan sehat, mereka baru disuntik. 

Para tenaga medis adalah orang-orang yang berada di garda terdepan dalam merawat pasien Covid-19. Di saat yang sama, mereka juga menjadi orang paling rentan tertular karena setiap hari berinteraksi dengan banyak orang sakit di ruang tertutup. 

Di awal-awal pandemi menyebar di Aceh, sempat terjadi penutupan rumah sakit dan pusat layanan kesehatan masyarakat. Hal ini sangat berdampak pada pelayanan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. 

Keikutsertaan para tenaga kesehatan dalam proses awal vaksinasi Covid-19 ini tidak hanya penting bagi upaya mempertahankan fungsi pelayanan kesehatan masyarakat. Yang tak kalah penting, mereka juga menjadi orang yang berada di balik kesuksesan pemerintah dalam menjalankan program vaksinasi Covid-19. 

Keyakinan para tenaga medis terhadap keandalan vaksin yang dibeli pemerintah ini adalah salah satu resep ampuh untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin ini aman dan efektif. Meski muncul banyak keraguan terhadap efektivitas vaksin Sinovac, saat ini vaksin adalah salah satu cara yang harus kita lewati bersama untuk mengembalikan kondisi kehidupan seperti semula sebelum corona menjadi mewabah. 

Peran dokter dan tenaga kesehatan untuk mengedukasi masyarakat tak boleh diabaikan. Tanpa mengurangi pentingnya peran pihak lain, seharusnya pemerintah memberikan perhatian lebih kepada para tenaga kesehatan sebagai ujung tombak kesuksesan vaksinasi Covid-19. 

Komentar

Loading...