Uji Materiil Terhadap AD/ART Partai Demokrat Ditolak Mahkamah Agung

Uji Materiil Terhadap AD/ART Partai Demokrat Ditolak Mahkamah Agung
Dokumen MA.

JAKARTA - Gugatan uji materiil atau judicial review (JR) terhadap Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat Pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY oleh kuasa Hukum kubu Moeldoko, Yusril Ihza Mahendra di Mahkamah Agung (MA) kandas alias ditolak dengan termohon Menteri Hukum dan HAM RI

Yusril Ihza Mahendra mengajukan uji materiil AD/ART Partai Demokrat Tahun 2020 yang telah disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI RI Nomor M.H-09.AH.11.01 Tahun 2020, tanggal 18 Mei 2020, tentang Pengesahan Perubahan AD ART Partai Demokrat.

Majelis Hakim MA yang diketuai Prof. Dr. H. Supandi dengan hakim anggota, Sudaryono dan H. Yodi Martono Wahyunadi menolak gugatan dengan Nomor Register Perkara: 39 P/HUM/2021 yang diajukan oleh Yusril Ihza Mahendra selaku kuasa hukum Muh. Isnaini Widodo dkk yang merupakan kader Demokrat yang sudah diberhentikan dari kader Partai Demokrat.

Sebelumnya, dalam permohonan gugatannya, Yusril Ihza Mahendra mendalilkan bahwa AD ART Parpol termasuk peraturan perundang-undangan, karena AD ART Parpol merupakan peraturan yang diperintahkan oleh UU 2/2008 jo. UU 2/2011 (UU Parpol) dan dibentuk oleh Parpol sebagai badan hukum publik.

Menurut pemohon, pembentukan AD ART Parpol beserta perubahannya juga harus disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM, sehingga proses pembentukannya sama dengan proses pembentukan peraturan perundang-undangan di bawah UU.

Pihak pemohon mendalilkan bahwa objek permohonan baik dari segi formil maupun materiil bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, yaitu, UU 2/2008 jo. UU 2/2011 (UU Parpol), UU 12/2011 jo. UU 15/2019 (UU PPP) dan Anggaran Dasar Partai Demokrat Tahun 2015.

Baca Selanjutnya...
Halaman 12

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini