Unduh Aplikasi

UIN Teken MoU dengan Pemkab Abdya dan BNN Aceh

UIN Teken MoU dengan Pemkab Abdya dan BNN Aceh
BANDA ACEH - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, Senin (21/3). MoU tersebut dilaksanakan dalam upacara Rapat Senat Terbuka dalam Rangka Wisuda semester ganjil 2015/2016 di Auditorium Prof Ali Hasjmy Banda Aceh.

Penandatangan naskah kerja sama dilakukan oleh Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA dengan Bupati Abdya Ir. Jufri Hasanuddin, MM, disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Abdya Drs. Yusnaidi, M.Pd. Sedangkan MoU dengan BNNP Aceh ditandatangai oleh Rektor UIN Ar-Raniry dengan Kepala BNNP Aceh Drs. Armensyah Thay disaksikan oleh Kepala Pencegahan Dr. Khairan, M.Si, sementara itu dari pihak UIN juga turut disaksikan oleh Wakil Rektor bidang kerjasama Dr. H. Syamsul Rijal, M.Ag didampingi oleh Warek bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. H. Muhibbuthabry, M.Ag.

Rektor Farid Wajdi disela-sela penandatanganan MoU mengatakan, kerjasama dengan pemerintah Abdya difokuskan pada pengembangan SDM, terutama kepada masyarakat seperti yang sudah pernah dilakukan melakukan pembinaan dan pelatihan kepada masyarakat, selanjutnya juga akan ditindaklanjuti ke depan bidang apa saja yang paling dibutuhkan di wilayah tersebut.

"Selain itu juga, kerjasama yang telah rutin dilakukan seperti pengiriman mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, pengabdian dosen, ini biasanya dilakukan dalam program safari ramadhan ke daerah-daerah pedalaman," ujarnya.

Selanjutnya Farid menyebutkan, bahwa kerja sama BNNP Aceh pada bidang pencegahan narkoba bagi mahasiswa dan lingkungan UIN Ar-Raniry, selain itu juga bagi dosen dan karyawan juga akan dilakukan tes urine, prosudurnya akan dibicarakan dalam tindak lanjut kerja sama ini.

"Dalam waktu dekat ini akan dites pada mahasiswa baru, seluruh calon mahasiswa UIN Ar-Raniry tahun ini akan dites urine, ini dilakukan untuk mencegah dan mengharamkan narkoba masuk kampus,' tegas Rektor.

Wakil Bupati Abdya Ir. Jufri Hasanuddin mengungkapkan, kerja sama antara UIN Ar-Raniry dengan Pemerintah Abdya, tujuannya untuk meningkatkan bidang peningkatan sumber daya manusia dan pengembangan ilmu di kabupaten Abdya.

"Kerja sama ini diharapkan ke depan agar dapat meningkatkan pengembangan pendidikan di wilayak Abdya, selain itu juga banyak hal yang dapat diteliti serta dapat dilakukan pengkajian strategis guna menunjang pengembangan ilmu keislaman, Saintek dan Seni dalam pengembangan Kabupaten Abdya,” kata Jufri.

Sementara itu, Kepala BNNP Aceh Drs. Armensyah berjanji akan memfasilitasi segala keperluan yang berkaitan dengan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran Narkoba di Lingkungan Kampus, termasuk akan meberikan konsep dan tenaga untuk menunjang program itu.

Lebih lanjut disebutkan, dalam kesepakatan ini, kedua belah pihak akan memfasilitasi dan menyiapkan tenaga untuk sosialisasi, termasuk tes urine bagi calon mahasiswa baru, calon PNS dan Karyawan di Lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

"Tujuan utama dari UIN Ar-Raniry melakukan kerja sama ini, untuk membantu UIN dalam mencegah masuknya narkoba di Lingkungan Kampus, karena jika pencegahan dapat dilakukan dengan baik, maka semuanya akan berjalan dengan baik nantinya, kami menegaskan bahwa mulai tahun ini semua calon mahasiswa baru UIN Ar-Raniry akan dites," pungkas Armen.

Komentar

Loading...