Unduh Aplikasi

Uang Meugang di Lingkungan Pemerintah Aceh Hanya Diperuntukkan Bagi Tenaga Non PNS

Uang Meugang di Lingkungan Pemerintah Aceh Hanya Diperuntukkan Bagi Tenaga Non PNS
Potongan salinan surat Sekda Aceh, Taqwallah. Foto: Dok AJNN

BANDA ACEH - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh, Bustami Hamzah mengatakan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Aceh, tahun ini tidak mendapatkan pembayaran uang meugang Idul Fitri 1441 Hijriah.

"Pembayaran uang meugang hanya diperuntukkan bagi tenaga honorer dan tenaga kontrak pada Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan," kata Bustami Hamzah kepada AJNN, Senin (18/5) malam.

Dikatakan Bustami, tak diberikannya uang meugang kepadan PNS, sebagaimana lazim selama ini dibayarkan sesuai dengan isi surat bernomor 451/7366 tanggal 18 Mei 2020 yang dikeluarkan Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah kepada para Kepala SKPA.

Meski demikian, Ia mengatakan, untuk PNS eselon III, eselon IV dan Staf, tetap mendapatkan pembayaran tunjangan hari raya (THR). Namun, untuk PNS eselon I dan eselon II di lingkungan Pemerintah Aceh, selain tidak mendapatkan uang meugang juga tidak mendapatkan THR.

"Eselon I dan II tidak dapat ya. Hal ini sesuai dengan instruksi presiden. PNS eselon I dan II tidak dibayarkan THR-nya," sebutnya.

Dijelaskan lebih lanjut, tak dibayarkan uang THR merupakan turunan dari keputusan dua menteri, yakni Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan nomor 119/2813/SJ-Nomor177/KMK.07/2020 tanggal 9 April 2020 tentang percepatan penyesuaian APBD 2020 dalam rangka penanganan Covid-19 serta pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional.

"Pemerintah daerah diminta melakukan penyesuaian belanja daerah yang salah satunya melalui rasionalisasi belanja pegawai," pungkas Bustami.

Komentar

Loading...