Unduh Aplikasi

Turun ke Daerah, Anggota DPRA Fokuskan Tiga Sektor Perekonomian

Turun ke Daerah, Anggota DPRA Fokuskan Tiga Sektor Perekonomian
Foto: Ist

BANDA ACEH - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) mulai melakukan reses ke daerah pemilihan (Dapil) masing-masing guna menyerap aspirasi masyarakat yang diwakilinya.

Salah seorang anggota DPRA dari Dapil 9, Irpannusir telah melaksanakan pertemuan dengan masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Kota Subulussalam sejak beberapa hari terakhir.

Dalam reses perdananya ini, Irpan lebih berkonsentrasi terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat dari beberapa sektor, yakni kelautan, peternakan, pertanian dan perkebunan.

Irpan mengatakan, yang menjadi fokusnya dari sektor kalautan yaitu adanya pengadaan perahu nelayan, seperti sampan, jaring ikan dan fiber. Lalu, dari sisi peternakan adanya ternak ayam, kambing, kerbau serta bibit ikan.

Kemudian, untuk sektor perkebunan bakal diusahakan adanya pengadaan bibit jengkol, mangga dan lain sebagainya sesuai kebutuhan daerah masing-masing.

"Ini merupakan prioritas, karena langsung bersentuhan dengan masyarakat kecil, daerah kita ini tidak jauh-jauh dari tiga ruang lingkup mata pencaharian tersebut yakni laut, tani dan kebun gunung," kata Irpannusir kepada AJNN, Jumat (24/4).

Irpan menyampaikan, pengembangan perekonomian itu dilakukan sebagai upaya mengurangi angka kemiskinan, karena itu perlu memaksimalkan beberapa sektor tersebut.

Menurut Irpan, jika merubah mata pencaharian ke sektor lain, maka itu bakal sia-sia apabila tidak mempunyai planning (rencana) yang cukup matang dan semaksimal mungkin, dan masyarakat pasti akan tetap kembali melaut, bertani maupun berkebun.

"Karena itu, reses ini betul-betul kita manfaatkan untuk menampung segala keluhan masyarakat, terutama menyangkut persoalan ekonomi mereka," ujarnya.

Selain itu, kata Irpan, dirinya juga menyerap kepentingan masyarakat lainnya yakni sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan dasar, seperti ketersediaan irigasi untuk menyalurkan debit air, saluran pembuangan yang menjadi penyebab terjadinya banjir, serta ancaman abrasi maupun erosi.

"Semua ini akan kita usulkan untuk menjadi kegiatan eksekutif selaku eksekutor, tentu dalam hal ini legislatif hanya mengusulkan, dan mendorong agar aspirasi masyarakat itu menjadi prioritas," tegas politikus PAN itu.

Selanjutnya, sambung Irpan, semua usulan tersebut akan segera disampaikan kepada eksekutif, sehingga masuk dalam kegiatan Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA).

"Aspirasi kali ini harus disesuaikan dengan nomenklatur yang ditetapkan oleh Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri)," tutur Irpan.

Komentar

Loading...