Unduh Aplikasi

Tujuh Destinasi Wisata Kekinian di Panga Aceh Jaya

Tujuh Destinasi Wisata Kekinian di Panga Aceh Jaya
Ceuracue Alue Ie Itam salah satu objek wisata di Kecamatan Panga. Foto: for AJNN

ACEH JAYA - Panga merupakan sebuah kecamatan hasil pemekaran Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 2000. kala itu Aceh Jaya belum lahir dan masih merupakan wilayah dari kabupaten Aceh Barat.

Berdasarkan penulusuran Wikipedia, Kecamatan Panga ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Teunom di arah timur, Kecamatan Krueng Sabee di arah barat, samudra hindia di selatan, dan kabupaten Pidie di utara.

Kecamatan Panga ini berjarak 175 km dari Banda Aceh ibukota Provinsi Aceh dan 25 km dari Calang ibukota kabupaten Aceh Jaya dengan luas wilayah 307 km2.

Baca: Pesona Objek Wisata Ceuraceu Alue Ie Itam

Berdasarkan data yang dihimpun AJNN dari pegiat wisata Aceh Jaya dan Himpunan Pramuwisata Indonesia Kabupaten Aceh Jaya saat ini ada tujuh destinasi wisata yang ada di Kecamatan Panga baik itu berupa wisata Pantai, taman bunga, danau, air terjun, dan konservasi.

Adapun ke 7 Destinasi wisata kekinian yang ada di Kecamatan Panga yakni;

1. Taman Celocia Aceh Jaya.
Taman Celocia Aceh Jaya merupakan taman Bunga Celocia Gorden yang terletak di pinggir jalan nasional lintas Calang - Meulaboh tepatnya di Desa Alue Piet, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Taman Celocia perdana di Aceh yang resmi dibuka sejak Desember 2018 ini sudah banyak pengembangan, mulai dari Caffee, Pondok bahkan kincir angin pun sudah tersedia disini.

Waktu kunjung setiap hari kecuali hari Jum'at dari pukul 09.00 wib hingga 17.00 Wib.
Dengan tiket masuk sebesar 10.000 per orang yang didukung dengan fasilitas Caffee, Sawung dan Spot Foto.

2. Danau Laot Bhe.
Danau Laot Bhe merupakan Destiniasi wisata air tawar yang ada di Desa Gunong Buloh, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh atau sekitar 15 kilometer dari jalan nasional lintas Calang - Meulaboh.

Pengelola Wisata Air Tawar Danau Laot Bhe kelompok masyarkat itu mematok harga tiket masuk sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Wisata Danau Laot Bhe ini buka setiap hari kecuali hari Jum'at dari pukul 09.00 wib hingga 17.00 wib yang didukung dengan fasilitas berupa Caffee, Tebing dan Spot Foto.

3. Ceuraceu Alue Teungoh.
Ceuraceu Alue Teungoh atau air terjun mini ini terletak juga tidak jauh dari jalan nasional lintas Calang - Meulaboh, atau hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari jalan nasional tepatnya di Desa Kabu, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Wisata air tawar Ceuraceu Alue Teungoh ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaru di Aceh Jaya. Tidak ada fasilitas lain selain sebagai tempat pemandian alami yang sejuk.

Ceucareu Alue Teungoh yang saat ini dikelola oleh pihak desa masih menggratiskan tiket masuk, hanya saja pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Sementara untuk jadwal kunjungannya juga buka setiap hari kecuali hari Jum'at dari pukul 09.00 wib hingga pukul 17.00 wib.

4. Konservasi Penyu Aron Meubanja.
Konservasi Penyu merupakan suatu kawasan konservasi penyu yang hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari jalan nasional lintas Calang - Meulaboh, tepatnya di kawasan pantai Aron Meubanja, Desa Keude Panga, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Konservasi Penyu yang dikelola oleh kelompok Aron Meubanja ini juga sudah melepaskan ribuan tukit ke laut dengan berbagai lembaga pemerintah dan non pemerintah.

Konservasi Penyu ini juga didukung dengan sejumlah fasilitas berupa Edukasi, Out Bond, Pondok dan MCK.

5. Sarah Dewi.
Sarah Dewi merupakan destinasi wisata air tawar atau pemandian yang berjarak sekitar 10 kilometer dari jalan nasional lintas Calang - Meulaboh, tepatnya di Desa Gle Putoh, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Wisata Sarah Dewi yang dikelola oleh Desa ini masih dalam pengembangan namun juga sudah dibuka untuk pengunjung secara umum.

6. Pantai Nisero.
Pantai Nisero merupakan wisata pantai sejarah kapal Nisero dari Inggris yang pernah terdampar di Panga, pada tahun 1883.

Pantai Nisero ini hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer dari jalan nasional lintas Calang - Meulaboh, tepatnya di Desa Kuta Tuha, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Sementara untuk fasilitas yang sudah tersedia berupa Caffee, MCK, Pondok dan Lokasi Mancing.

Sedangkan untuk jadwal kunjungannya juga buka setiap hari kecuali hari Jum'at dari pukul 09.00 wib hingga pukul 17.00 wib, dengan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

7. Air Terjun Alue Itam
Air Terjun Alue Itam merupakan destinasi wisata pemandian air terjun yang baru-baru ini juga sempat viral di media sosial.

Lokasi Air Terjun Alue Itam yang dikelola Kelompok Laot Bhe ini berjarak sekitar 16 kilometer dari jalan nasional lintas Calang - Meulaboh, tepatnya Desa Gunong Buloh, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Komentar

Loading...