Unduh Aplikasi

Tuha Peut Gampong Meutara Laporkan Keuchik ke Inspektorat Aceh Jaya

Tuha Peut Gampong Meutara Laporkan Keuchik ke Inspektorat Aceh Jaya
Ketua Tuha Peut Gampong Meutara, Tgk Ibrahim yang didampingi 4 anggotanya memperlihatkan bukti kegiatan yang sudah dicairkan pada tahun 2019 namun tidak direalisasikan. Foto: AJNN/Suar.

ACEH JAYA - Lima dari tujuh orang anggota Tuha Peut Gampong Meutara, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya melaporkan keuchik desanya ke Inspektorat Aceh Jaya karena tidak memberikan laporan pertanggungjawaban penggunaan Dana Desa Tahun anggaran 2019.

Ketua Tuha Peut Gampong Meutara, Tgk Ibrahim menyampaikan jika tindakan pihaknya melaporkan perkara dana desa kepada pihak Inspektorat dikarenakan selama ini belum adanya titik temu terkait sejumlah kejanggalan penggunaan D
dana desa tahun 2019.

"Berdasarkan laporan realisasi kami temukan 1 paket kegiatan berupa penyelenggaraan festival kesenian, adat/budaya dan keagamaan tahun 2019 sebesar Rp 52 juta lebih. Dimana uang tersebut sudah ditarik namum kegiatannya tak pernah dibuat," kata Ketua Tua Peut, Tgk Ibrahim yang didampingi 4 anggotanya kepada AJNN, Rabu (8/7) sore.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta pertanggungjawaban keuchik selaku kuasa penggunaan anggaran untuk menjelaskan kemana uang yang sudah dicairkan tersebut dan kenapa kegiatannya tidak diselenggarakan.

Namun, permintaan tersebut tak diindahkan oleh keuchik gampong setempat, bahkan surat dari Camat Jaya dengan nomor: 461/465/2020 Perihal Pertanggungjawaban Laporan Penggunaan APBG Tahun 2019 yang ditujukan langsung kepada Keuchik Gampong Meutara juga tak diindahkan.

"Kami sudah kehabisan cara, karena setiap kali kami minta dirapatkan terkait penggunaan APBG tahun 2019 tak kunjung ada penyelesaian, makanya kami tempuh jalur Inspektorat," kata Tgk Ibrahim.

"Kami hanya menginginkan penggunaan APBG terbuka, biar semua masyarakat tahu, dan tidak ada saling curiga," tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada Inspektorat supaya benar-benar diaudit, dan hasilnya juga disampaikan ke publik terutama masyarakat Gampong Meutara.

"Sebenarnya, persoalan ini pihak Inspektorat sendiri juga sudah turun pada tanggal 22 Juni 2020 lalu, namun hingga hari ini kami juga belum terima laporannya sudah sampai mana," jelas Tgk Ibrahim.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Aceh Jaya, Bakhtiar yang dihubungi AJNN membenarkan jika pihaknya sudah menerima laporan terkait penggunaan dana desa tahun 2019 di Desa Meutara, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya.

"Iya benar, ini masih sedang kami audit dan kami uga sudah turun kelapangan kemarin," kata Bakhtiar.

Dirinya juga mengaku apapun hasilnya nanti akan disampaikan dan akan dipanggil Tuha Peut Gampong Meutara serta keuchik setempat.

"Dalam minggu ini sudah ada hasil, nanti tuha peut dan keuchiknya akan kami panggil juga," pungkas Bakhtiar. 

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...