Unduh Aplikasi

Tugas Lama Parlemen Baru

Tugas Lama Parlemen Baru
ilustrasi: dlfatrad

DELAPAN puluh satu orang bersumpah untuk menjadi wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, kemarin. Sebagian merupakan sosok yang sudah dikenal secara luas, tidak hanya di daerah pemilihan masing-masing. Mereka adalah wajah-wajah yang diharapkan menjadi wakil seluruh daerah di Aceh, sebagaimana yang mereka janjikan. 

Terlepas dari latar belakang partai politik yang mengusung mereka pada Pemilihan Umum 2019, anggota dewan terhormat yang baru dilantik hendaknya lebih peka terhadap permasalahan di masyarakat dan menjadi mata, mulut dan telinga masyarakat untuk berbicara kepada Pemerintah Aceh.

Satu di antaranya adalah melaksanakan butir-butir kesepakatan damai antara Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka di Helsinki. Ini adalah sebenarnya menjadi modal penting untuk membangun Aceh yang mandiri.

Namun seiring perjalanan waktu, butir-butir kesepakatan itu tak lagi hangat. Para politikus, baik yang terlibat langsung dalam proses perdamaian, menjalankan pemerintahan, atau duduk di kursi parlemen pun lebih disibukkan dengan urusan-urusan di luar itu.

Salah satu yang paling menyita perhatian adalah urusan bagi-bagi kue Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh. Alhasil, urusan penting yang menjadi wewenang mereka terabaikan.

Anggota parlemen saat ini belajar dari kesalahan periode lalu. Anggota dewan terpilih hendaknya benar-benar fokus menjalankan fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Mereka harus menjadi penyeimbang jalannya pemerintahan.

Dalam urusan legislasi, anggota DPR Aceh kali ini hendaknya benar-benar mampu membuat produk hukum yang dibutuhkan masyarakat. Termasuk di antaranya mengkaji kembali butir-butir aturan dalam Undang-Undang Pemerintah Aceh untuk diusulkan perubahannya kepada Pemerintah Indonesia dan Dewan Perwakilan Rakyat di Senayan.

Tentu saja ini tidak mudah. Akan banyak pertentangan dan kepentingan yang terusik. Namun jika semua bekerja atas nama Aceh, bukan hanya kepentingan golongan atau partai politik, akan banyak titik temu yang mungkin selama ini tak terlihat. Titik temu menghilangkan segala perbedaan.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...