Unduh Aplikasi

Truk Pengangkut Sawit Kerap Abaikan Keselamatan Pengguna Jalan

Truk Pengangkut Sawit Kerap Abaikan Keselamatan Pengguna Jalan
Mobil truk membawa buah kelapa sawit tanpa penutup. Foto: Rusman
NAGAN RAYA – Mobil truk pengangkut kelapa sawit yang melintas di jalan Nasional Kabupaten Nagan Raya kerap mengabaikan keselamatan pengguna jalan. Pasalnya truk-truk tersebut sering tidak memakai pengaman untuk menutup buah sawit.

Hal itu sudah menjadi tontonan umum di sepanjang jalan Kabupaten Nagan Raya, dan seolah-olah tidak ada penindakan dari para pihak yang bertanggung jawab, sehingga sopir kerap mengabaikan aturan meski sudah mengetahui barang bawaan dari kendaraan tersebut sewaktu – waktu bisa jatuh dan membahayakan pengguna jalan.

Arif salah satu warga Nagan Raya mengatakan masyarakat yang melintas terutama di jalan Nasional Meulaboh–Tapak Tuan sering melihat angkutan yang membawa buah sawit tanpa penutup.

"Sudah sering kami lihat, dan itu sudah menjadi tontonan. Yang kami takutkan kalau jatuh bisa bahaya orang yang lewat, apa lagi jatuh pas di depan pengendara dan bisa terjadi kecelakaan," kata Arif kepada AJNN, Jumat (5/8).

Sementara itu, Kepala Bidang Darat, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Nagan Raya Fardian, mengaku ini pihaknya sudah sering memberikan peringatan kepada supir.

"Bahkan kami sudah sering melakukan razia kendaraan umum supaya mematuhi aturan dalam penggunaan kendaraan umum," ujarnya.

Dalam bulan ini, kata Farzian, akan terus melakukan razia yang akan dipusatkan di sejumlah titik guna menertipkan kendaraan umum baik angkutan penumpang maupun angkutan barang yang melintas di kawasan Nagan Raya.

"Dalam bulan ini kami sudah rencanakan untuk terus meningkatkan razia agar kendaraan umum mematuhi aturan, dan melengkapi surat–surat, termasuk surat kelayakan," ungkap Fardian.

Komentar

Loading...