Unduh Aplikasi

Transfer Dana Desa Tepat Waktu, Pemkab Nagan Raya Masuk Daftar Bekinerja Baik

Transfer Dana Desa Tepat Waktu, Pemkab Nagan Raya Masuk Daftar Bekinerja Baik
Foto: Ist

ACEH BARAT - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, berhasil menyabet peringkat ketiga dalam pengelolaan dana desa. Masuknya salah satu kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat itu berdasarkan surat yang dilayangkan Subdit PA IV, Direktorat Pelaksana Anggaran, Direktorat Jenderal Pembendaharaan, Kementerian Keuangan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Nagan Raya, Bukhari, mengatakan penghargaan yang diperoleh tersebut berkaitan dengan sistem transfer dana desa yang sesuai dengan waktu yang ditentukan.

"Penghargaan yang kita peroleh lantaran kita berhasil dalam pengelolaan keuangan terkait dengan transfer dana desa. Dalam peraturannya masa penyalurannya kan tujuh hari, kita tidak sampai tujuh hari sudah masuk dana desa," kata Bukhari.

Selain itu, kata dia, Desa-desa yang berada di Kabupaten Nagan Raya selama ini juga telah berhasil mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMD) dengan sumber Pendapatan Anggaran Desa (PADes) yang lumayan.

Dimana, kata dia, dalam pengelolaan BUMD selama ini pemerintah desa disana memanfaatkan dana desa untuk pembangunan insfrastruktur dan perkebunan yang mengasilkan PADes bagi desa.

"Misal di langkat itu pemerintah desanya membangun rumah toko dan saat ini ruko tersebut disewa dan menjadi klinik. Kalau dihitung setahunnya bisa memperoleh ratusan juta mungkin," kata dia.

Tidak hanya itu, kata dia, rata-rata memiliki perkebunan sawit minimal dua hektar yang dikelola dan menjadi PADes. Sedangkan diwilayah pesisir, sebutnya lebih di bidang kuliner dengan memanfaatkan wilayah wisata.

Tidak hanya itu, keberhasilan yang disabet oleh Pemerintah Kabupaten Nagan Raya itu juga tidak terlepas dari laporan kegiatan desa yang tepat waktu dan sesuai standar yang ditentukan.

Komentar

Loading...