Unduh Aplikasi

Total, Begini Penampakan Gerhana Matahari Cincin dari Pulau Simeuleu

Total, Begini Penampakan Gerhana Matahari Cincin dari Pulau Simeuleu
Gerhana matahari total di Simeulue. Foto: AJNN/Rahmat Fajri

SIMEULEU - Gerhana matahari secara sempurna terlihat dari Kabupaten Simeuleu, Kamis (26/12). Bentuknya persis sama seperti cincin.

Fenomena gerhana matahari cincin (GMC) secara total ini tidak berlangsung lama, hanya berdurasi sekitar 1 menit 34 detik, atau mulai dari pukul 11.55.20 WIB hingga 11.56.54.

Fenomena gerhana matahari cincin ini tidak bisa terlihat dengan mata telanjang, melainkan harus menggunakan alat bantu seperti teleskop atau kacamata filter, agar tampak sempurna.

Jika tanpa memakai alat bantu teleskop, maka suasana matahari tetap terlihat sama seperti tidak sedang terjadinya gerhana. Hanya suasana alamnya yang sedikit terasa gelap, layaknya senja.

Pantuan AJNN di lokasi pemantauan, warga Simeuleu sangat antusias mengantri untuk melihat pencak gerhana cincin, berbagi waktu beberapa detik saja menyaksikan fenomena langka tersebut.

Seperti diketahui, berdasarkan data tim falakiyah kanwil Kemenag Aceh, gerhana di tanah rencong secara keseluruhan terjadi selama tiga jam 45 menit 52 detik.

Untuk kawasan Simeulue, gerhana matahari akan dimulai 10.07 WIB. Sementara gerhana matahari cincin terjadi pada pukul 11.53 WIB.

"Puncak cincinnya pada pukul 11.55 WIB dan akhir cincin pukul 11.56 WIB, dan gerhana berakhir sampai pukul 12.54 WIB," kata tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra.

Komentar

Loading...