Unduh Aplikasi

Tolak Putusan MA, Mahasiswa Akper Demo PN dan DPRA

Tolak Putusan MA, Mahasiswa Akper Demo PN dan DPRA

BANDA ACEH - Puluhan Mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Tengku Fakinah, menggelar aksi damai ke Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh dan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Jumat (11/11). Mereka menolak putusan Mahkamah Agung mengabulkan gugatan Muhammad Suratno atas Ketua Umum dan Pembina Yayasan Tengku Fakinah Siti Maryam yang dinilai cacat hukum.

"Keputusan Mahkamah Agung sangat merugikan kami sebagai mahasiswa dan bertentangan dengan Undang-undang Yayasan serta Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi)," kata Kordinator Aksi Amrinul Hasan wartawan.

Amrinul mengatakan sejak panitera pengadilan melaksanakan eksekusi sesuai perintah pengadilan 11 Oktober lalu, kampus mereka di Jalan Sudirman, Gampong Geuceu Inem menjadi kawasan yang tidak nyaman bagi proses belajar mengajar. Hal tersebut karena kampus dijaga aparat keamanan.

Baca: Aspirasi Tak Digubris, Mahasiswa Segel Pintu Masuk Akper Fakinah

"Mereka masuk ke ruang kampus untuk memberi pemahaman bahwa putusan MA itu benar. Padahal kami sedang belajar dan tidak tahu apa apa soal itu sehingga jadwal belajar kami jadi terhambat. Ini efek terbesar yang kami rasa,"kata Amrinul.

Aksi yang dimulai pukul 09.30 WIB tersebut diawali mahasiswa Akper Tengku Fakinah dengan mendatangi Pengadilan Negeri Banda Aceh di Jalan Teuku Cut Mutia Banda Aceh. Mereka berkumpul di Taman Kota tepatnya di Jalan Ponegoro dan konvoi menuju Pengadilan menggunakan kendaraan roda dua. Tiba di Pengadilan Mahasiswa berorasi dan meneriakkan yel-yel menuntut pengadilan meninjau kembali putusannya yang mengabulkan gugatan Muhammad Surat.

Mahasiswa yang ditemui Humas Pengadilan Negeri Banda Aceh, Drs Eddy Sutrisno menyerahkan berkas putusan pengadilan yang memenangkan gugatan Muhammad Suratno yang saat ini menjabat Direktur Rumah Sakit dan Direktur Akper Tengku Fakinah. Puas menyampaikan aspirasinya, peserta aksi yang didominasi mahasiswi tersebut selanjutnya menuju Gedung Dewan Perwakilan Rakyata Aceh. Aksi puluhan mahasiswi tersebut berlangsung tertib dan dikawal puluhan personil Polresta Banda Aceh.

Seperti diberitakan, sebelumnya sejumlah mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Tengku Fakinah menggembok akses masuk ke ruang belajar kampus mereka di Jalan Sudirman, Banda Aceh, Senin (7/11).

Selain menghambat aktifitas belajar, aksi ini juga mengakibatkan sejumlah perwakilan kampus sempat terkurung selama satu jam karena gerbang digembok mahasiswa dengan menggunakan rantai.

Komentar

Loading...