Unduh Aplikasi

Tokoh Tarekat Syattariah Nagan Raya Dirawat Intensif

Tokoh Tarekat Syattariah Nagan Raya Dirawat Intensif
ilustrasi
NAGAN RAYA - Abu Said Qudrat, ulama kharismatik dan pemuka agama tarekat Syattariah Nagan Raya, dirawat intensif di Rumah Sakit Kesdam, Banda Aceh.

"Abu kurang sehat. Usianya sudah lebih 90 tahun. Namun, sekarang beliau sudah bisa makan dan duduk tapi masih dirawat," kata Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama Nagan Raya Said Jamalul Hakim, Senin (7/3).

Untuk kesembuhan Abu Said Qudrat, kata Said Jamalul Hakim, perawatan medis, warga juga menggelar doa rateb meulake di sejumlah desa. Warga berharap, ulama ini dapat kembali menemui mereka.

Dalam sejumlah literature, disebutkan bahwa tarekat Syattariyah adalah aliran tarekat yang pertama kali muncul di India pada abad ke-15. Tarekat ini dinamai sesuai nama tokoh yang mempopulerkan dan berjasa mengembangkannya, Abdullah asy-Syattar.

Awalnya tarekat ini lebih dikenal di Iran dan Asia Tengah dengan nama Isyqiyah. Sedangkan di wilayah Turki Usmani, tarekat ini disebut Bistamiyah. Kedua nama ini diturunkan dari nama Abu Yazid al-Isyqi, yang dianggap sebagai tokoh utamanya. Akan tetapi dalam perkembangan selanjutnya Tarekat Syattariyah tidak menganggap dirinya sebagai cabang dari persatuan sufi mana pun.
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...