Unduh Aplikasi

TNI Evakuasi Warga Korban Banjir Rob di Aceh Barat

TNI Evakuasi Warga Korban Banjir Rob di Aceh Barat
Personil TNI saat melakukan evakuasi terhadap seorang wanita lanjut usia. Foto: AJNN/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Komando Distrik Militer (Kodim) 0105 Aceh Barat mengerahkan puluhan personil TNI untuk melakukan evakuasi terhadap warga korban banjir rob di lima desa, Kecamatan Johan Pahlawan. 

Para personil TNI yang dikerahkan tersebut selain mengevakuasi warga juga ikut membantu menyelamatkan barang-barang milik warga.

Komandan Kodim 0105 Aceh Barat, Letnan Kolonel Kav Nurul Diyanto mengatakan jumlah personil yang dikerahkan tersebut berjumlah 80 orang yang disiagakan di lima desa yang terparah dampak banjir rob yang disebabkan pasang purnama.

"Untuk personil TNI yang kami kerahkan berjumlah 80 personil, dimana 30 personil dari Kodim dan 50 personil dari Batalyon Garda Samudra 116," kata Dandim.

Dandim mengatakan, selain membantu mengevakuasi warga, personil juga disiagakan di dapur umum yang dibangun di Lapangan Teuku Umar.

Baca: Banjir Rob di Aceh Barat Kian Parah, Jumlah Desa Terendam Bertambah

Adapun lima desa yang disiagakan meliputi Desa Pasir, Desa Ujong Kalak, Kampung Belakang, Suak Indrapuri dan juga sebagian Kota Padang.

"Khusus untuk Desa Suak Ribee kami akan pantau terus bagaimana kondisinya, kalau memang harus kami kerahkan disana untuk evakuasi akan kami kerahkan nanti," ungkapnya.

Sementara itu, Dinas Sosial Kabupaten Aceh Barat mulai menyalurkan bantuan masa panik bagi warga terdampak banjir rob.

Kepala Bidang Perlinjamsos Dinsos Aceh Barat, Mustafa Kamal mengatakan bantuan masa panik yang diserahkan tersebut diserahkan ke dapur umum yang ada di desa-desa yang berdampak banjir.

"Untuk bantuan yang kami serahkan berupa air meneral, minyak goreng dan roti. Untuk beras dan Indomie diberikan oleh BPBD itu sifatnya on call," kata Mustafa Kamal.

Komentar

Loading...