Unduh Aplikasi

Tipu 164 Calon Jamaah Umroh, Pimpinan Pusat Azizi Tour Jadi DPO

Tipu 164 Calon Jamaah Umroh, Pimpinan Pusat Azizi Tour Jadi DPO
Cut Mega Putri saat menjalankan pemeriksaan diruang Eksus Polres Aceh Barat

ACEH BARAT - Atas kasus dugaan penipuan terhadap 164 jamaah umroh Aceh Barat yang dilakukan perusahaan Tour dan Travel PT Azizi Tour, Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat menetapkan dua tersangka.

Baca: Diduga Ditelantarkan PT Azizi Tour, Calon Jamaah Umrah Mengadu ke YARA

Kedua tersangka yang ditetapkan yaitu Pimpinan PT Aziz Tour Pusat yang beralamat di Medan, Sumatera Utara yakni Hj Nazila Lubis dan Pimpinan Azizi Tour Perwakilan Aceh Barat Cut Mega Putri.

Keduanya ditetapkan sebagai tersangka setelah kasus tersebut masuk pada tahap penyidikan.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Teguh Priyambodo Nugroho SIK mengatakan keduanya ditetapkan sebagai tersangka setelah Polres Aceh Barat memeriksa 10 orang calon jamaan sebagai saksi dari 164 calon jamaah yang melaporkan kasus tersebut ke Polres Aceh Barat.

Baca: Gagal Berangkat Umrah, Calon Jamaah Datangi Kantor Azizi Tour Meulaboh

“Kita sudah tetapkan pimpinan PT Azizi Tour Perwakilan Aceh Barat Cut Mega Putri sebagai tersangka kedua, sedangkan tersangka utama itu Hj Nazila Lubis yang merupakan pimpinan pusat PT Azizi Tour yang beralamat di Medan,” kata Teguh.

Teguh menambahkan, Nazila Lubis yang menjadi tersangka utama dalam kasus itu saat ini telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Aceh Barat.

Dirinya mengatakan pihaknya sempat melakukan pemanggilan terhadap Nazila Lubis bahkan langsung mendatangi kantor pusat PT Azizi Tour yang berada di Medan tersebut namun sayangnya mereka tidak mendapati tersangka di sana.

“Kita juga membutuhkan beberapa saksi lagi untuk dilakukan pemeriksaan ulang atas kasus ini. Kita juga akan meminta keterangan ahli dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Barat,” ujar Kapolres.

Atas kasus tersebut, kata dia, kerugian yang dialami oleh seluruh jamaah di Aceh Barat mencapai Rp 3 miliar.

Saat ini pihaknya juga sudah memblokir rekening milik Cut Mega Putri.

Kapolres mengatakan, kedua tersangka dijerat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Jamaah Haji dan Umroh dengan ancaman hukuman empat tahun penjara atau denda Rp 500 juta.

Sementara itu Cut Mega Putri yang menjadi tersangka kedua dalam kasus tersebut sejak pukul 16.00 WIB sore tadi sedang menjalani pemeriksaan.

Komentar

Loading...