Unduh Aplikasi

Tips Kesehatan Berdasarkan Karakter Agar Sesuai

Tips Kesehatan Berdasarkan Karakter Agar Sesuai
Karakter

Untuk jadi seseorang yang sehat tentu saja butuh tips sehat pula. Namun, tiap orang butuh pola hidup yang berbeda-beda. Nah, salah satunya yang bisa dipikirkan adalah tips kesehatan berdasarkan karakter Anda. Berbeda-beda karakter tentu beda pula penanganannya.


Sebagai contoh, Anda adalah seorang yang mudah cemas tentu karakter tersebut turut memengaruhi bagaimana kondisi kesehatan Anda. Begitu juga dengan Anda yang tenang dan dingin. Beberapa karakter tersebut diketahui cenderung rentan terhadap beberapa penyakit serius tertentu. Jangan kuatir! Meski kita memang sulit untuk mengubah kepribadian atau karakter yang sudah ‘mendasar’ dalam diri kita, akan tetapi ada banyak hal yang bisa kita lakukan dan ubah agar kesehatan jadi lebih baik.

Jangan lupakan pula untuk selalu proteksi diri Anda dengan jaminan kesehatan terbaik, seperti misalnya BPJS Kesehatan untukdiriandasendiri.Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia ini memiliki banyak keuntungan. Beberapa di antaranya adalah meng-cover seluruh penyakit tanpa melihat historinya. Tentu saja preminya juga cukup terjangkau.

Berikut beberapa tips tersebut yang bisa Anda praktikkan mulai dari sekarang:

1.     Berhati-hati

Anda yang punya karakter cermat dan berhati-hati adalah orang yang dapat diandalkan, terorganisir dan juga bekerja keras serta tertib. Anda pun mampu mengendalikan keinginan.

Anda bukanlah pemilik kepribadian ini apabila sering merasa kurang bersemangat, impulsif dan juga tak bisa diandalkan. Anda pun lebih sering mengerjakan tugas secara terburu-buru sehingga teman-teman sulit percaya pada Anda.

Nah, kalau Anda tergolong tidak berhati-hati dan tidak cermat, menerima kenyataan bahwa Anda tidak bisa taat terhadap jadwal diet atau olahraga tertentu adalah opsi yang lebih baik. Ketimbang Anda harus memaksakan diri, bukan? Yang akhirnya malah berujung pada jadwal yang berantakan. Sebaliknya, Anda yang bisa cermat, Anda bisa menjadwalkan kelar olahraga di awal dan buatlah janji dengan teman untuk dapat berolahraga bersama.

2.     Neurosis

Anda termasuk dalam golongan neurotik apabila Anda mudah cemas, melankolis dan juga mudah kuatir akan segala sesuatu. Hal ini juga membuat Anda menganalisis secara berlebihan.

Sifat tersebut sedikit berbeda dengan cermat dan hati-hati. Anda juga bukanlah seseorang yang termasuk dalam kategori neurotik kalau sulit untuk terganggu, berkepala dingin dan juga suka mengoleksi sesuatu. Teman Anda memandang Anda sebagai seseorang yang stabil.

Bagi Anda yang termasuk dalam kategori neurotik, berlatihlah dengan cara meditasi. Mediatasi setidaknya dalam rentang waktu 8 minggu. Emosi akan jadi lebih baik karena otak telah dilatih sedemikian rupa.

3.Terbuka

Jika Anda sering merasa penasarana, artistik dan intelektual serta senang dengan pengalaman baru maka Anda termasuk karakter terbuka. Anda adalah orang yang menikmati tantangan.

Sementara itu Anda bukanlah orang yang terbuka apabila berlaku sebaliknya. Senang mengatur, keras kepala dan bertipikal konvensional. Bahkan kadang Anda menginginkan aktivitas berjalan sebagaimana mestinya setiap hari.

Jika Anda cenderung tidak terbuka maka cobalah untuk mendatangi pesta atau tempat wisata yang berbeda. Anda bisa mencoba olahraga yang cukup menantang seperti hiking dan sebagainya. Kemudian, Anda bisa koreksi apakah ada manfaat dari mencoba sesuatu yang baru?

Jadi, penyesuaian berdasarkan tipikal diri Anda itu penting ya! Dengan begitu, Anda bisa lebih menikmati aktivitas tersebut dan tentunya memperoleh manfaat kesehatan. Di samping itu, sebagaimana sudah disebutkan di awal artikel, jangan lupa tetap proteksi diri dengan jaminan kesehatan yang sesuai pula. Apapun karakter masing-masing, BPJS cocok untuk segala usia, jenis kelamin dan bahkan kepribadian seseorang. Salam sehat!

Komentar

Loading...