Unduh Aplikasi

Tinjau Ruang Isolasi RSUCM, DPRA: Fasilitas Belum Layak untuk Pasien Corona

Tinjau Ruang Isolasi RSUCM, DPRA: Fasilitas Belum Layak untuk Pasien Corona
Anggota DPRA saat meninjau ruang isolasi virus corona di RSUCM. Foto:AJNN/Sarina

ACEH UTARA – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) meninjau Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM), guna melihat ruang isolasi dan kesiapan rumah sakit yang menjadi rujukan pasien virus corona tersebut, Selasa (10/3).

Ketua Komisi V DPRA, Iskandar Usman Alfarlaki mengatakan, pihaknya melihat RSUCM belum siap untuk menangani pasien virus corona. Dari segi fasilitasnya kemudian letak rumah sakit juga sangat bahaya terhadap pasien lain.

Baca: Jadi RS Rujukan Pasien Corona, RSUCM Siapkan 24 Dokter dan Ruang Isolasi

“Jadi, kami harap kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat untuk segera melengkapi berbagai standar untu menangani virus corona ini,” katanya kepada sejumlah awak media.

Dikatakannya, selain itu sarana dan prasarananya juga harus segera dilengkapi. Misalkan sejumlah alat yang masih kurang untuk penanganan pasien corona.

“Kita mengharapkan kepada pihak rumah sakit, apabila ada tempat lain yang memang strategis, misalkan puskesmas yang jauh dari pemukiman itu lebih bagus untuk penanggulangan pasien corona,” ujarnya.

Lanjutnya, langkah yang akan dilakukan dari DPRA adalah menyampaikan rekomendasi kepada Pemerintah Aceh, bahwa rumah sakit Cut Meutia belum begitu layak untuk menangani suspek corona.

“Jangan hanya main tunjuk-tunjuk karena efeknya adalah kematian, dan RSUCM juga harus jujur siap atau enggak siap,” tuturnya.

Untuk upaya yang dilakukan oleh tim medis, pihaknya sangat mengapresiasi. Karena tim medis sudah melakukan hal terbaik. Tetapi, memang ada standar yang harus dilakukan secara aturan.

“Kami mengimbau kepada masyarkat jangan panik, karena yang namanya virus corona pada kita yang sehat biasa-biasa saja, dan biasakan cuci tangan, pakai masker, kalau memang suspeknya sudah tinggi harus segera konsultasi dengan dokter, yang penting jangan panik,” jelasnya.

Komentar

Loading...