Unduh Aplikasi

Tingkatkan Kapabilitas Santri, Pemkab Aceh Utara Diminta Ikut Berkolaborasi

Tingkatkan Kapabilitas Santri, Pemkab Aceh Utara Diminta Ikut Berkolaborasi
Foto: Ist

LHOKSEUMAWE - Harakah Thalabah Aceh Utara (HATHAR) meminta dukungan dan kolaborasi Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dalam hal meningkatkan kapabilitas santri di desa perdalaman.

Selaku organisasi santri di Aceh Utara, HATHAR sedang menjalankan program pemajuan umat dengan pengiriman guru ngaji ke gampong-gampong terpencil di Aceh Utara.

Ketua Umum HATHAR Teungku Zulfirman mengatakan, berbagai kegiatan dilaksankan guna meningkatkan kapabilitas santri. Kegiatan itu bertujuan untuk melahirkan kader-kader legal drafter dari kalangan santri, yang siap memberikan sosialisasi, pelatihan, advokasi, dan pendampingan kepada gampong-gampong di Aceh Utara.

“Selain itu untuk terciptanya qanun-qanun yang sesuai dengan Syariat Islam dan Kearifan Lokal sehingga kemaslahatan umat,” katanya, Rabu (11/3).

Selain itu, sambungnya, pada bulan April mendatang, pihaknya akan menggelar perayaan Milad HATHAR yang bertempat di Panton Labu dengan menghadirkan Ulama Nasional, Ulama Sepuh Aceh dan ribuan santri Aceh Utara. Acara Milad ini menjadi momentum untuk memperkokoh persatuan santri Aceh Utara.

Sementara itu Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib memberikan apresiasi terhadap program-program yang diinisiasikan oleh HATHAR. Dirinya siap memfasilitasi dan memberikan dukungan untuk kelancaran program-program tersebut.

“Mengajarkan mereka ilmu-ilmu agama merupakan satu-satunya jalan untuk menyelamatkan aqidah umat. Saya sangat bersyukur dengan kehadiran HATHAR dan kita akan sama-sama untuk melaksanakan tugas mulia ini,” tuturnya.

Komentar

Loading...