Unduh Aplikasi

Tinggi Gelombang Wilayah Laut Barat Selatan Aceh Capai Lima Meter

Tinggi Gelombang Wilayah Laut Barat Selatan Aceh Capai Lima Meter
ilustrasi. Foto: Net
ACEH BARAT - Badan Metreologi, Klimetologi dan Geofisika (BMKG) Meulaboh mempredikisikan hingga empat hari kedepan gelombang tinggi akan terus terjadi di wilayah barat selatan Aceh.

Prakirawan cuaca BMKG Meulaboh, Sayful Amri, kepada wartawan, Selasa (23/8) mengatakan tinggi gelombang yang terjadi di wilayah laut barat selatan Aceh mencapai lima meter.

“Kita menghimbau kepada para nelayan untuk tidak melaut sementara waktu, dan kepada masyarakat untuk tidak bermain- main di tepi pantai,” kata Sayful.

Dirinya menambahkan, adanya gelombang tinggi akibat cuaca buruk yang meyebabkan hujan lebat dan angin kencang melanda wilayah barat selatan Aceh.

Adapun penyababnya cuaca buruk tersebut terjadinya fenomena gangguan cuaca yang disebut pusat tekanan rendah samudera hindia di sebelah barat Aceh sehingga terjadinya konvergensi atau pertemuan angin disertai melemah kecepatannya.

Akiban dari konvergensi itu, kata dia, menyebabkan terbentuknya awan konvektif yang menimbulkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang yang disertai tinggi gelombang.

"Melihat kondisi ini kita juga berharap kepada masyarakat di wilayah hilir sungai agar lebih siaga terhadap banjir,”imbuhnya.

Komentar

Loading...