Unduh Aplikasi

Tim Nawacita Presiden Tinjau Lokasi Kampus IPDN di Aceh Besar

Tim Nawacita Presiden Tinjau Lokasi Kampus IPDN di Aceh Besar
Tim Nawacita Presiden Republik Indonesia, Ruri Jumar Saef (tengah) bersama tokoh masyarakat Aceh Besar, Suyanto alias Banta dan Teuku Jailani Yacob. Foto: AJNN.Net/Fauzul Husni

BANDA ACEH - Tim Nawacita Presiden Republik Indonesia, Ruri Jumar Saef yang mewakili Joko Daryanto, adik kandung Presiden Jokowi, melakukan kunjungan lokasi pembangunan Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kota Jantho, Aceh Besar, Jumat (1/11).

Kehadiran Ruri Jumar Saef ke Aceh dalam rangka memenuhi undangan tokoh masyarakat Aceh Besar yakni Suyanto alias Tgk Banta dan Teuku Jailani Yacob. Selama beberapa hari di Aceh, Ruri sempat mengunjungi beberapa proyek-proyek yang bersumber dari APBN di masa Presiden Joko Widodo.

Ruri mengaku hasil peninjauan ke lokasi pembangunan kampus IPDN itu, memang Aceh Besar sangat tepat dipilih untuk dibangunnya kampus itu. Pasalnya secara umum, Aceh Besar menjadi daerah yang sangat strategis.

Ia mengaku sangat mengikuti proses pengusulan agar kampus IPDN dibangun di Aceh. Dimana usulan ini sudah disampaikan sejak 2018. Kemudian hasil evaluasi dan telaah mendalam, Presiden Jokowi menyetujui pembangunan itu di Aceh.

"Dan juga sudah dibuat Detail Engineering Design (DED). Proses DED itu menggunakan dana APBN dan hasilnya di tahun 2020 akan dimulai rencana pembanguan tahap pertama," kata Ruri Jumar Saef kepada AJNN, Sabtu (2/10).

Selain itu, ia mengungkapkan lahan yang sudah disiapkan oleh Pemkab Aceh Besar lebih kurang 50 hektare. Dimana hasil kajian yang dibuat oleh tim konsultan dari DED, anggaran yang dihabiskan untuk proyek itu mencapai Rp 500 miliar.

"Semuanya bersumber dari APBN," ujarnya.

Masyarakat, kata Ruri, meminta proses pembangunan Kampus IPDN itu segera dilaksanakan. Kemudian masyarakat juga meminta agar aspirasi mereka terkait pembangunan kampus itu bisa disampaikan ke ke Presiden.

"Saya juga berharap segera dilakukan pembangunan Kampus IPDN itu. Kampus IPDN juga akan menjadi icon dari Kabupaten Aceh Besar, dan bisa juga menjadi kebanggaan bagi masyarakat Aceh Besar juga," ungkapnya.

Kyriad Muraya Hotel Aceh

Komentar

Loading...