Unduh Aplikasi

Tim Gugus Covid-19 Pidie Gelar Rapid Test Massal

Tim Gugus Covid-19 Pidie Gelar Rapid Test Massal
Petugas Kesehatan dari Puskesmas sedang menjalani rapid Tess di Dinkes Pidie. Foto: AJNN/Salman

PIDIE - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pidie melakukan rapid test massal terhadap petugas kesehatan dari 26 Puskesmas di dinas kesehatan setempat. Rapid test massal tersebu sesuai Instruksi Gubernur Aceh, Nomor 10/instr/2020 tanggal 4 Juni 2020.

“Petugas kesehatan di Puskesmas yang dipilh untuk menjalani di rapid test adalah yang mempunyai riwayat kontak langsung dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP),” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Efendi kepada AJNN, Rabu (10/6).

Efendi menambahkan, apabila memang hasil repid reaktif maka akan dijemput oleh tim gugus untuk dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Chik Ditiro Sigli untuk pengambilan spesimen swab dan selanjutnya akan dikirim ke Banda Aceh.

“Tidak mungkin semua petugas Puksemas di rapid test, namun yang dipilih yang mempunyai riwayat kontak langsung dengan ODP,” ujarnya.

Selain petugas kesehatan dari Puskesmas, sambung Efendi, Dinkes Pidie juga bakal melakukan rapid tes terhadap 1500 orang meliputi 200 petugas kantor.

Kemudian 500 orang dari dayah, 300 pedagang, 200 petugas supermarket dan 300 petugas kebersihan. Sementara petugas kesehatan di RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli dan RSUD Tgk Abdullah Syafii juga akan menjalani rapid test.

Komentar

Loading...