Unduh Aplikasi

Tim Audit BPKP Aceh Segera Hitung Kerugian Negara Irigasi Manggeng

Tim Audit BPKP Aceh Segera Hitung Kerugian Negara Irigasi Manggeng
Kepala BPKP Aceh Indra Khaira Jaya. Foto: untuk AJNN.

BANDA ACEH - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Aceh telah membentuk tim audit untuk melakukan perhitungan kerugian keuangan negara atas dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) pada pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi Gampong ladang Panah, Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang bersumber dari dana APBA Tahun Anggaran 2019. 

Menurut Kepala BPKP Aceh, Indra Khaira Jaya, pembentukan tim audit tersebut atas permintaan dari pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Abdya.

"Insya Allah mulai Senin, 5 April 2021 tim akan turun ke lapangan," ujar Indra Khaira Jaya, Kamis (1/4/2021) di Banda Aceh.

Dalam kasus ini sebelumnya Penyidik dari Kejari Abdya telah menerapkan dua tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan irigasi di Kecamatan Manggeng, Kabupaten setempat.

Baca: Kejari Abdya Tetapkan Dua Tersangka Dugaan Korupsi Pembangunan Irigasi Manggeng

Kedua tersangka dalam kasus ini yakni yakni SY selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan pihak rekanan berinisial FZ.

Kasipenkum Kejati Aceh, Munawal Hadi mengatakan penetapan tersangka setelah penyidik menemukan bukti adanya dugaan kerugian negara dalam pekerjaan pembangunan irigasi yang bersumber dari dana APBA 2019 dengan nilai kontrak Rp1,5 miliar.

Berdasarkan hasil penghitungan sementara tim teknis fisik ditemukan kerugian negara sebesar Rp449 juta.

"Ini masih penghitungan sementara tim teknis, selanjutnya penyidik menunggu audit dari Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) yakni pihak inspektorat," kata Munawal, Kamis (14/1).

Sebelumnya, tim khusus pemberantasan korupsi Kejari Abdya melakukan penggeledahan di Dinas Pengairan Aceh untuk mencari sejumlah dokumen dan barang bukti lainnya dalam dugaan korupsi pekerjaan rehabilitasi irigasi itu.

Kemudian pada hari Kamis (28/01/2021) sekira pukul 09.00 WIB Kejari Abdya menerima uang titipan perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) pada pembangunan dan rehabilitasi jaringan Irigasi Gampong Ladang Panah Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya sebesar Rp1.536.261.000,00,-.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...