Tilang Elektronik akan Berlakukan di Lhokseumawe, Warga Diimbau Tertib Lalu Lintas

Tilang Elektronik akan Berlakukan di Lhokseumawe, Warga Diimbau Tertib Lalu Lintas
Ilustrasi kamera pengawas tilang elektronik. Foto: ANTARA.

LHOKSEUMAWE - Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tertib dalam berlalu lintas. Pasalnya Program penerapan tilang elektronik atau Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan diberlakukan di wilayah hukum setempat.

“Penerapan tilang elektronik di Kota Lhokseumawe, guna meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertuban dan kelancaran berlalu lintas, serta penegakan hukum bagi pelanggar,” kata Kasat Lantas, AKP Vifa Febriana Sari, Sabtu (20/11).

Kasat menambahkan, Adapun lokasi yang akan dipasangkan ETLE di Kota Lhokseumawe yakni, Simpang Taman Riyadah. Apalagi saat ini sudah tedapat kamera CCTV untuk memantau arus lalu lintas dan mampu merekam pelanggaran lalu lintas oleh kamera yang dapat dilihat oleh operator sebagai uji coba program ETLE Ditlantas Polda Aceh.

“Ini bagian dari sosilaisasi dan uji coba penerapan tilang elektronik, yang rencana akan diberlakukan mulai 2022 mendatang. Namun, bisa saja ada percepatan penerapan,” tutur Kasat.

Tambah Kasat, jika hal itu berjalan maka semua pengguna jalan yang tidak tertib berlalu lintas di lokasi tersebut, akan terekam kamera baik itu nomor polisi (nopol) serta teridentifikasi siapa pemiliknya.

“Juga pelanggar akan diberikan surat tilang yang langsung dikirim ke alamat rumah,” ungkapnya.

Kasat mengimbau kepada masyarakat, agar tertib berlalulintas dan apabila membeli kendaraan bekas agar segera balik nama, karena jika tilang elektronik sudah diberlakukan maka surat tilang akan dikirim sesuai dengan identitas pemiliknya," imbuhnya.

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini