Unduh Aplikasi

Tiga Universitas Besar di Aceh Gagas Asosiasi Profesi Ilmu Sosial

Tiga Universitas Besar di Aceh Gagas Asosiasi Profesi Ilmu Sosial
Ilustrasi.
BANDA ACEH - Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsyiah gelar kerja sama dengan prodi sosiatri Universitas Iskandar Muda, dan Universitas Islam Indonesia. Kerja sama itu didasari keinginan untuk memajukan profesi sosiolog ke publik.

“Belajar dari pengalaman penanganan situasi pascakonflik dan bencana alam serta bencana sosial, yang terjadi, diperlukan wadah khusus para lulusan ini berkontribusi,” kata Dekan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Unida, T Syarifuddin, Sabtu (5/3).

Syarifuddin mengatakan di antara ketiga program studi tersebut, Unida memiliki alumni yang masuk pasar kerja adalah program studi sosiatri pembangunan sosial dan kesejahteraan Unida.

“MoU yang dijalin antar-prodi ini tidak hanya Tridharma Perguruan Tinggi semata, tetapi lahirnya aksi sosial dari para sosiolog muda ke depan memikirkan permasalahan utama yang dihadapi masyarakat,” kata Syarifuddin.

Sementara itu Ketua Prodi Sosiologi Unsyiah, Bukhari, mengharapkan kerja sama yang dijalin antar perguruan tinggi negeri dan swasta ini untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa profesi sosiolog adalah merupakan profesi yang layak diperhitungkan untuk masuk ke ranah publik terutama di pemerintahan dan di perusahaan.

“Di samping itu juga bagaimana perguruan tinggi menempatkan alumninya memiliki kompetensi yang mumpuni di bidangnya, sehingga akan tercapai apa uang diharapkan,” kata Bukhari.

Bukhari menambahkan melihat maraknya permasalahan sosial terjadi di Aceh maka sangat diperlukan lahirnya konsultan sosial dalam menjawab tantangan zaman tersebut, apalagi pada 2016 ini masyarakat Indonesia memasuki masyarakat ekonomi Asean. Dapat dipastikan masalah yang dihadapi semakin kompleks.

“Melalui program kerja laboratorium sosiologi diharuskan mampu mengintegrasilan para lulusannya untuk bergabung dalam sebuah wadah yang menampung para sosiolog ataupun ilmuan sosial dalam perkembangan ini,” kata Syaifuddin.

Komentar

Loading...