Unduh Aplikasi

Tiga Ton Kayu Olahan Diamankan, Diduga Hasil Ilegal Logging di Kawasan TNGL

Tiga Ton Kayu Olahan Diamankan, Diduga Hasil Ilegal Logging di Kawasan TNGL
Foto: Ist

ACEH TENGGARA - Satuan Petugas Reserse Mobil (Resmob)  Reskrim Pores Kabupaten Aceh Tengggara menggamankan sebayak  tiga ton kayu olahan  diduga hasil ilegal loging dari kawasan  Taman Nasional Gunung Leuser  ( TNGL ).

Kasat Reskrim Polres Aceh Tenggara melalui Kanit  Resmob Aipda Abi Safrin mengatakan, sejumlah kayu olahan tersebut disita dari sebuah panglong di Desa Tanjung, Kecamatan Darul Hasanah pada Rabu  (7/10).

Penemuan sejumlah kubik kayu olahan tersebut berawal dari informasi masyarakat  bahwa di salah satu panglong di Kawasan Kecamatan Darul Hasanah akan ada transakasi  jual beli kayu olahan yang diduga hasil ilegal loging dari kawasan TNGL.

Dengan adanya imformasi tersebut, petugas langsung bergerak dan terjun ke lokasi panglong tersebut sekitar  pukul 03.00 WIB pagi.

‘’Tiba di lokasi petugas tidak berhasil menemukan pemilik kayu tersebut, diduga pemilik kayu telah mengetahui kedatangan petugas lalu pelaku langsung kabur  dan berhasil melarikan diri," kata Abi Safrin.

Berdasarkan hasil penyidikan dan keterangan dari warga sekitar yang diperoleh, petugas mendapatkan dan mengantongi  identitas pemilik kayu olahan tersebut  berinisial J, warga salah satu Desa di Kecamatan Babussalam.

Dari hasil penyergapan tersebut, petugas berhasil mengamankan barang bukti kayu olahan diduga hasil ilegal logging sebayak 100 batang kubik kayu jenis cengkal, serta satu unit mobil damtruk  sebagai barang bukti.

Sejauh ini, polisi telah mengamankan sebanyak tiga ton kubik kayu olahan dan satu unit  mobil damtruk. Barang bukti itu kini berada di Mapolres Aceh Tenggara. Bahkan polisi juga masih mengamankan penjaga panglong tersebut untuk di mintai keterangan lebih lanjut sebagai saksi.

|JAFARUDDIN

Komentar

Loading...