Unduh Aplikasi

Tiga Titik Lahan Gambut di Nagan Raya Terbakar

Tiga Titik Lahan Gambut di Nagan Raya Terbakar
Lahan gambut yang terbakar di Nagan Raya. Foto: Rusman
NAGAN RAYA – Lahan gambut di tiga kawasan Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya Terbakar. Ketiga berada di Gampong Suak Puntong, Padang Rubek dan Kuala Baro. Kabut asab tebal pun sangat terlihat dari Jalan Nasional Meulaboh – Nagan Raya. Penyebab kebakaran masih simpang siur dan belum dapat dipastikan.

Kapolres Nagan Raya AKBP Mirwazi, mengatakan pihaknya menduga kebakaran disebabkan adanya kelalaian masyarakat yang mebuang puntung rokok saat membuka lahan baru untuk perkebunan kelapa sawit.

"Penyebapnya kemungkinan ada yang membuang puntung rokok sehingga terjadi kebakaran," kata Kapolres Nagan Raya kepada AJNN, Kamis (4/8)

Berdasarkan laporan masyarakat, kata Kapolres, kebakaran baru diketahui setelah dua hari kejadian. Pasalnya lokasi kebakaran jauh dari pemukiman serta sulit ditempuh.

“Karena lokasi yang sulit ditempuh sehingga proses pemadaman susah dilakukan," kata Mirwazi

Dirinya menambahkan, api terus membesar karena wilayah barat selatan sedang memasuki musim kemarau. Ditambah lagi dengan angin kencang, sehingga api terus menyebar ke sejumlah titik yang ada.

"Kami bersama tim BPBD dan TNI terus berupaya untuk memadamkan api," ujarnya.

Disisi lain, Kabid Kesiapsiagaan Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya Arafiq A Karim, mengaku pihaknya sudah mengerahkan sejumlah personil, dan dua unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kebakaran. Namun karena lokasi tidak bisa masuk mobil pemadam, sehingga pihaknya terpaksa menggunakan cara manual.

"Mobil sudah kami kerahkan, tapi tidak bisa mencapai lokasi, dan sejauh ini hanya personil yang dapat menuju kelokasi yang di bantu pihak TNI – Polri," kata Arafiq.

Pantauan AJNN di lokasi, tampak puluhan personil gabungan baik TNI, Polisi dan Relawan BPBD terus berusaha memadamkan api dengan menggunakan mesin pompa air. Bahka mereka juga melakukan penyekatan lokasi untuk mencegah meluasnya kebakaran. Tak hanya itu, Kapolres, Dandim beserta Camat Kuala Pesisir juga ikut turun ke lokasi.

Komentar

Loading...