Unduh Aplikasi

Tiga Tersangka Penyelundupan Narkoba 130 Kg Diboyong ke Jakarta

Tiga Tersangka Penyelundupan Narkoba 130 Kg Diboyong ke Jakarta
Tiga pelaku penyelundupan narkoba ke Aceh bersama barang bukti. Foto: ist

LANGSA - Setelah diamankan selama dua hari di Kantor BNN Langsa sejak Selasa (19/9) lalu, dini hari Kamis (21/9), tiga tersangka penyelundup narkotika jenis sabu dan pil ektasi dari Malaysia ke Aceh diboyong ke Jakarta oleh petugas BNN.

"Tiga tersangka penyelundup narkotika tersebut dijemput oleh petugas BNN Pusat untuk di bawa ke Jakarta. Saat ini mereka sedang dalam perjalanan setelah berangkat dari Langsa pada pukul 08.00 WIB dini hari," kata Kepala BNN Langsa AKBP Navri Yulenny kepada AJNN.

Sebenarnya, kata AKBP Navri, Kepala BNN Pusat Komjen Pol Budi Waseso sudah menjadwalkan waktu untuk menggelar jumpa pers di Langsa tentang kasus penyelundupan ‎narkotika tersebut dini hari. Karena padatnya agenda, sehingga Budi Waseso batal ke Langsa.

"Rencananya jumpa pers digelar di Jakarta," ujarnya.

Baca: Polda Belum Tahu Kronologi Penangkapan 130 Kg Narkoba di Aceh Timur

AKBP Navri menjelaskan, jumlah total narkotika jenis sabu yang gagal diselundupkan ke Aceh tersebut sebanyak 137,750 kg, dan pil ektasi sebanyak 42.500.

"Untuk pil ektasi ada dua macam, jenis hello kity dan jenis YL," ungkapnya.

Tiga tersangka penyelundupan narkotika yang dibawa ke Jakarta yakni, Benu alias Awi (40) warga Kecamatan Seuneudon, Aceh Utara, M. Saleh (37) warga Asahan-Sumatera Utara dan M. Husen (38) warga Jeunieb Bireun.

Tiga tersangka tersebut ditangkap tim gabungan terdiri dari BNN Pusat, BNN Langsa, Bea Cukai Kanwil Aceh dan Bea Cukai Lhokseumawe pada Senin (18/9) sekitar pukul 18.30 WIB‎ di Resto Sasa Nam, Peuntet, Lhokseumawe usai kabur dari sergapan petugas di laut.

‎Kasus penyelundupan barang haram tersebut terbongkar berdasarkan laporan masyarakat yang mengatakan akan ada penyelundupan narkotika jenis sabu dari Malaysia ke Aceh yang dilakukan melalui perairan Aceh Timur.

Mendapat informasi tersebut, tim gabungan langsung melakukan penyelidikan. Alhasil tim berhasil mengamankan barang bukti narkotika di dalam sebuah boat nelayan yang digunakan oleh tersangka di perairan Aceh Timur.

Boat berisi barang bukti narkotika jenis sabu dan pil ektasi ditemukan petugas atas pengakuan tiga tersangka setelah ditangkap di Lhokseumawe.

Komentar

Loading...