Unduh Aplikasi

Tiga Pimpinan DPRK Pidie Jaya Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

Tiga Pimpinan DPRK Pidie Jaya Periode 2019-2024 Resmi Dilantik
Tiga pimpinan DPRK Pidie Jaya periode 2019-2024 diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Pidie Jaya

PIDIE JAYA - A Kadir Jailani dari Partai Aceh (PA) dan Hasan Basri Partai Amanat Nasional (PAN) yang sebelumnya menjabat sebagai ketua sementara Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Pidie Jaya, dilantik sebagai pimpinan definitif DPRK Pidie Jaya Periode 2019-2024.

Pelantikan pimpinan DPRK Pidie Jaya itu berlangsung di Aula Utama gedung dewan setempat, yang diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Pidie Jaya, Kamis (10/10).

Pimpinan lainnya yang dilantik hari ini adalah Syahrul Nurfa dari Partai Nasdem. Meski sama-sama memiliki tiga kursi denga Partai Gerindra, tetapi Partai Nasdem memiliki akumulasi suara lebih banyak dari partai besutan Prabowo Subianto itu pada Pileg 2019 di Pidie Jaya beberapa waktu lalu.

A Kadir Jailani dalam sambutannya mengatakan, sebagaimana peraturan yang berlaku, syarat untuk menjalankan fungsi dewan ialah dengan alat kelengkapan dewan, salah satunya adalah pimpinan dewan.

"Karena memang wewenang dan tugas telah dibatasi oleh peraturan perundang-undangan, artinya DPRK tidak bisa melakukan fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan sepenuhnya apabila alat-alat kelengkapan dewan belum terbentuk, yang pertama alat kelengkapan dewan yang segera harus terbentuk adalah unsur pimpinan, dan Alhamdulillah pada hari ini telah kita laksanakan peresmian dan pengangkatannya," Kata A Kadir Jailani.

Sebelumnya ketika menjabat pimpinan sementara, lanjut A Kadir, telah dilaksanakan antara lain, memfasilitasi pembentukan fraksi di DPRK, penyusunan tata tertib, dan yang terakhir memproses penetapan pimpinan dewan definitif.

"Dengan telah adanya pengangkatan sumpah dan penandatanganan berita acara pengangkatan, maka konstitusi telah membebanjan kepada kami tugas yang amat berat, dengan sangat menyadari bahwa kami bertiga bukanlah sosok pribadi yang sempurna, dengan segala kerendahan hati kami menyatakan secara terbuka bahwa sumbang saran dan kritik yang konstruktif dari berbagai pihak sangat kami harapkan," imbuhnya.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...