Unduh Aplikasi

Tiga Perawat RSUDZA dan Satu Warga Filipina Positif Corona di Banda Aceh

Tiga Perawat RSUDZA dan Satu Warga Filipina Positif Corona di Banda Aceh
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Pasien positif terpapar virus corona (Covid-19) di Aceh kembali bertambah empat orang lagi. Diantaranya tiga perawat dan satu warga negara Filipina.

Keempat orang itu dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab dengan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Balai Litbangkes Aceh, Kamis, 25 Juni 2020.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, Endang Mutiawati mengatakan, hasil pemeriksaan swab PCR yang baru keluar hari ini menunjukkan tiga perawat dan satu warga Filipina positif terpapar virus corona.

Tiga perawat positif tersebut bukan yang bertugas di ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU), tetapi di ruang Isolasi Pinere RSUD Zainoel Abidin.

"Ada perawat tertular lagi tiga orang, tapi tidak di ruang RICU, di ruang lain, ruang Isolasi Pinere, dan sekarang juga sedang dilakukan swab perluasan lagi," kata Endang Mutiawati saat dikonfirmasi AJNN, Kamis (25/6).

Selain itu, kata Endang, juga ada satu pasien terkonfirmasi positif corona lainnya, yakni seorang warga Filipina yang selama ini menjalani perawatan di RSUDZA dengan keluhan demam dan sakit lambung.

Endang menyampaikan, karena warga Filipina itu baru turun dari kapal waktu pertama ke RSUDZA, maka dia dibawa dan dirawat ke tempat area Covid-19.

Lalu, dilakukan pemeriksaan swab PCR, hasilnya menunjukkan negatif corona sebanyak dua kali, sehingga ia dipindahkan ke ruangan di area non Covid-19.

"Ada pasien lain dari Filipina, dulu dari kapal, terus demam, dibawa ke tempat Covid-19. Terus dites swab PCR negatif dua kali, dipindahkan ke ruang non Covid-19," ujarnya.

Baca: 94 Petugas Medis RSU Meuraxa Diuji Swab

Setelah itu, lanjut Endang, saat pasien asal Filipina tersebut mau dipulangkan, dilakukan lagi pemeriksaan swab PCR untuk yang ketiga kalinya.

Ternyata, hasil swab ketiga itu menunjukkan bahwa pasien asal Filipina tersebut terkonfirmasi positif corona.

"Saat dia mau pulang, dilakukan swab PCR lagi, dan hasilnya positif," tutur Endang.

Namun, Endang tidak mengetahui detail tentang pasien asal Filipina itu, apakah dia baru turun dari kapal nelayan atau kapal lainnya.

"Kapalnya apa itu saya tidak tahu detail," ucapnya.

Endang juga menuturkan, pasien asal Filipina tersebut juga tidak terlalu berbahaya. Karena selama perawatan tidak pernah batuk-batuk dan mengeluarkan cairan aerosol.

"Dia tidak berbahaya, karena dia tidak batuk, tidak mengeluarkan cairan aerosol," tutur Endang.

Dengan bertambahnya empat pasien positif, maka total kasus Covid-19 Aceh sampai hari ini berjumlah 57 orang.

Komentar

Loading...