Unduh Aplikasi

Tiga Penyeludup Sabu 60 Kg Ditembak, Satu Diantaranya Tewas

Tiga Penyeludup Sabu 60 Kg Ditembak, Satu Diantaranya Tewas
Kapolda Aceh dan Wakapolda bersama Kakanwil Bea Cukai Aceh perlihatkan barang bukti 60 Kg sabu. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Seorang penyeludup narkoba ditembak petugas karena melawan saat dilakukan hendak ditangkap di Aceh Timur. Tersangka berinisial SS alias DG meningal dunia saat dibawa ke rumah sakit. 

Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada menyebutkan pengungkapan sabu tersebut berdasarkan informasi masyarakat bahwa adanya penyeludupan narkoba jenis sabu melalui jalur laut. Tim Ditresnarkoba bersama Bea Cukai melakukan patroli laut. 

"Dari patroli tersebut petugas mencurigai satu perahu motor di pantai Kreung Matee, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara," kata Irjen Pol Wahyu, Rabu (7/10).

Selain itu, lanjut Kapolda, petugas juga mencurigai satu unit mobil yang berada dilantai. Selanjutnya tim membuntuti mobil tersebut ke rumah tersangka lainnya berinisial MM. 

"Dari pengerebekan itu, petugas menemukan sabu seberat 60 kilogram di dalam rumah MM menangkapnya," ujarnya. 

Selanjutnya, petugas melakukan pengembangan ke wilayah Aceh Timur dan mengamankan empat tersangka lainnya berinisial SM, JU, SS dan LB  yang diduga terlibat dalam jaringan tersebut.

"Dalam penangkapan itu, tersangka melawan, petugas terpaksa diambil tindakan tegas, tiga tersangka ditembak, satu diantaranya berinisial SS meninggal dunia," sebut Kapolda. 

Sementara tersangka MM ditembak di bagian pinggul sementara SM terkena tembakan di betis kiri. Sedangkan tersangka LB melarikan diri. 

Kapolda juga menyebutkan tersangka SS yang meninggal dunia, selain mengatur penyeludupan sabu ke Aceh, juga ikut terlibat penyeludupan 45 kilogram sabu lainnya. 

"Dia ini yang mengatur masuknya narkoba 60 kilogram, bahkan pernah terlibat penyeludupan sabu lainnya. Total penyeludupan sabu yang dilakukan SS ini mencapain105 kilogram," kata Irjen Pol Wahyu Widada. 

Saat ini, lanjut Kapolda pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut dan keterlibatan tersangka lainnya.

"Kami masih lakukan penyelidikan, sabu ini dari mana tersangka dapatkan," ungkap Kapolda Aceh. 

Ketiga tersangka saat ini di tahan di Mapolda Aceh. Ketiga pelaku dijerat dengan undang-undang narkotika dengan ancaman kurungan 20 tahun penjara dan hukuman mati. Polisi juga akan menjerat pelaku dengan Undang-undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). 

 

Komentar

Loading...