Unduh Aplikasi

Tiga Pasien ODP Ditolak di Rumah Sakit Sultan Iskandar Muda Nagan Raya

Tiga Pasien ODP Ditolak di Rumah Sakit Sultan Iskandar Muda Nagan Raya
RSU Sultan Iskandar Muda Nagan Raya. Foto: kolomaceh.co

ACEH BARAT - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat merujuk tiga Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang dicurigai terifeksi Virus Corona Diasease atau Covid-19 ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin Banda Aceh.

Tiga pasien ODP yang dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh terebut merupakan warga pendatang asal Provinsi Sumatera Utara dan warga Kabupaten Aceh Tamiang. Mereka dicurigai terinfeksi virus corona pada Selasa (24/3) malam sekitar pukul 21.30 WIB.

Berdasarkan informasi yang diperoleh AJNN, ketiga warga yang dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh tersebut tiba di Meulaboh, Selasa pagi, dan menginap di salah satu hotel. Karena merasa kurang sehat, ketiganya memeriksakan kesehatan ke Puskesmas Johan Pahlawan.

Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Amril Nuthihar ketika dikonfirmasi membenarkan adanya tiga warga pendatang yang dirujuk ke Banda Aceh.

Dari ketiganya tersebut, satu diantaranya merupakan warga Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, berinisial SS (25), dan duanya dari Kabupaten Aceh Tamiang berinisial MA (26) dan WR, (26).

Dikatakan Amril, sebelum dibawa ke RSUDZA Banda Aceh, ketiganya sempat berobat ke Puskesmas Johan Pahlawan dengan keluhan demam, batuk dan nyeri sendi.

“Mungkin karena kurang membaik jadi mereka dijemput di tempat penginapannya,” kata Amri Nuthihar, Rabu (25/3).

Sebelum dibawa ke RSUZA, kata Amril, ketiganya awalnya hendak dibawa ke RSU Sultan Iskandar Muda Nagan Raya. Namun rumah sakit yang sudah ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Aceh sebagai rumah sakit rujukan menolak ketiganya.

"Alasan ditolak karena mereka hanya menerima pasien asal Nagan Raya saja. Karena ditolak kemudian Kadinkes Aceh Barat berkomunikasi dengan RSUDZA, dan mereka menerimanya, akhirnya terpaksa dirujuk kesana,” ujarnya.

Untuk sementara, kata Amril, pihaknya masih menunggu hasil lab yang akan dilakukan oleh RSUDZA terhadap tiga orang tersebut.

"Kalau dinyatakan baik, maka mereka akan menjalani isolasi mandiri di daerah asal mereka masing-masing," ujarnya.

Iklan Pemutihan BPKB- Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...