Unduh Aplikasi

Tiga Oknum Sipir di Aceh Positif Konsumsi Sabu

Tiga Oknum Sipir di Aceh Positif Konsumsi Sabu
Kakanwil Kemenkumham Aceh, Lilik Sujandi memberikan keterangan kaburnya tiga napi di Rutan Sabang. Foto; Tommy

BANDA ACEH - Tiga oknum sipir di Lembaga Pemasyarakatan dan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba jenis sabu.

Ketiga oknum sipir yang positif narkoba tersebut yakni dua oknum Sipir di Cabang Rutan Blangkejeren dan satu orang di Lapas kelas II B, Kuala Simpang.

"Saat di lakukan tes urine beberapa hari lalu, ketiga oknum sipir tersebut positif konsumsi narkoba," kata Kakanwil Kemenkumham Aceh, Lilik Sujandi, Senin (14/10).

Ia menyebutkan pemeriksaan urine kepada petugas lapas di lakukan pasca penangkapan oknum sipir Lapas kelas II B Langsa atas nama Dusthur (36) oleh pihak BNN.

"Begitu muncul kasus itu langsung kita ambil sikap melakukan tes urine terhadap PNS di lingkungan Kemenkumham Aceh terutama petugas sipir yang rentan terpapar zat adiktif," sebut Lilik.

Tiga orang oknum sipir yang positif narkoba tersebut, kata Lilik telah diserahkan ke pihak BNNK setempat untuk dilakukan pemeriksaan dan rehabilitasi.

Baca: Pukul Sipir, Tiga Napi Kabur dari Rutan Sabang

"Data dan identitas oknum sipir yang positif narkoba akan diserahkan ke pihak BNNK setempat untuk diambil langkah-langkah selanjutnya," kata Lilik.

Menurut Lilik, sejumlah oknum sipir yang terlibat penyalahgunaan narkoba di sebabkan pengaruh dari para narapidana narkoba yang berada di dalam Lapas maupun di Rutan.

"Kondisi Lapas dan Rutan yang ada di Aceh yang dihuni napi narkoba hampir mencapai 80 persen. Tentu kondisi di dalam sangat rentan petugas kita terpapar dari penyalahguna narkoba," sebutnya.

Sementara Kadivpas Kemenkumhan Aceh, Meurah Budiman menyebutkan satu orang oknum sipir di Rutan Sigli telah di pecat dari kedinasannya karena terbukti mengedar dan memakai narkoba jenis sabu dan telah di vonis oleh pihak Pengadilan setempat.

"SK pemecatannya sudah turun, nanti akan dilakukan upacara pemecatan terhadap oknum sipir Rutan Sigli itu," ungkap Meurah Budiman. 

Komentar

Loading...