Unduh Aplikasi

Tiga Nelayan Aceh Masih Ditahan di India

Tiga Nelayan Aceh Masih Ditahan di India
Foto: IST.

BANDA ACEH - 28 orang nelayan Aceh kembali dipulangkan setelah menjalani hukuman 11 bulan penjara Andaman, India.Mereka dibebaskan oleh pengadilan Andaman, India pada 16 Januari 2021.

Sebelumnya 28 orang nelayan tersebut ditangkap pada jarak 55 Mil laut dari daratan pulau Nikobar oleh polisi pengawal pesisir pantai India Durgabai Deshmukh pada 3 Maret 2020 menggunakan kapal KM BST 45.

Sekjend Panglima Laot, Miftah Cut Adek mengatakan masih tersisa tiga nelayan Aceh yang masih ditahan oleh Pengadilan Andaman.

"Masih tiga orang lagi yang masih menjalani hukuman di India. Sementara satu orang lagi masih ditahan di Myanmar," kata Miftah saat dihubungi AJNN, Selasa (2/2/2021).

Baca: Sampai di Jakarta, 28 Nelayan Aceh Terlebih Dulu Diisolasi

Ia mengatakan untuk tiga orang nelayan yang masih ditahan oleh Pengadilan Andaman, India saat masih belum ada informasi kapan akan dibebaskan.

Miftah menambahkan, saat ini 28 nelayan Aceh yang dipulangkan itu sedang menjalani karantina di Jakarta selama empat sampai lima hari.

"Keadaan mereka saat ini baik-baik saja, dan sedang menjalani karantina karena baru datang dari luar negeri," ucapnya.

Dipulangkannya 28 nelayan Aceh itu juga setelah melalui proses advokasi oleh KBRI bersama Pemerintah Aceh dan PSDKP-KKP RI.

"Nanti KBRI menyerahkan KKP atau perwakilan Aceh di Jakarta, baru dibawa pulang ke Aceh dan diserahkan ke Gubernur Aceh," pungkasnya.

Komentar

Loading...