Unduh Aplikasi

Tiga Mahasiswa Malaysia Pulang dari Aceh Diduga Tertular Corona di Medan

Tiga Mahasiswa Malaysia Pulang dari Aceh Diduga Tertular Corona di Medan
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Tiga mahasiswa asal Malaysia yang baru pulang dari Aceh karena sedang libur kuliah dinyatakan positif terpapar virus corona (Covid-19). Diduga, mereka tertular di bandara Kualanamu Medan.

Para mahasiswa itu selama ini menempuh pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 UIN Ar-Raniry, Ibnu Saadan membenarkan tiga mahasiswa asal Malaysia itu dikonfirmasi positif corona.

"Betul (positif corona), saya terima percakapan WA (WhatsApp) mereka dengan ketua jurusannya, itu yang kami tahu bahwa dia kenak," kata Ibnu Saadan saat dikonfirmasi AJNN, Senin (20/4).

Ibnu menyampaikan, sebelum kembali ke Malaysia, para mahasiswa itu sempat berpamitan kepada ketua jurusannya. Namun, karena pesawat dari Banda Aceh langsung ke Malaysia sudah tidak ada lagi penerbangan, mereka terbang lewat Bandara Kualanamu Medan.

Baca: Tiga Mahasiswa Malaysia yang Pulang dari Aceh Positif Corona

Karena itu, ketiga mahasiswa tersebut diduga terpapar saat berada di Medan atau di Bandara Kualanamu. Mengingat, selama di Aceh mereka jarang keluar rumah.

"Dibicarakan di Medan kenak. Iya pas ke bandara. Karena informasi dari jurusan, mahasiswa itu bukan orang yang suka keluar, dia sering di rumah," tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah seperti ditulis laman malaysiakini.com menyebutkan, tiga mahasiswa tersebut diperiksa kesehatan saat tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada 16 April 2020.

“Itu adalah 17 kasus yang saya umumkan kemarin dan hari ini ada 43 dari Magetan, Jawa Timur dan kemudian ada tiga dari Aceh, satu dari Turki dan satu dari Kalimantan,” katanya.

Komentar

Loading...