Unduh Aplikasi

Tiga Kapal Aceh Hebat Bisa Dongkrak PAD

Tiga Kapal Aceh Hebat Bisa Dongkrak PAD
Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat melakukan kunjungan kerja ke PT Adiluhung Seranasegara Indonesia di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Senin, (7/9/2020).

BANDA ACEH - Dewan Pimpinan Pusat, Analisis Kajian dan Advokasi Rakyat (PAKAR) Aceh menilai keberadaan Tiga Kapal Aceh Hebat bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Tiga kapal itu salah satu program yang harus diapresiasi oleh masyarakat, ini sangat berdampak kepada masyarakat," kata Direktur Pakar Aceh, Muhammad Khaidir, Kamis (10/9) di Banda Aceh.

Menuru Khaidir dengan adanya tiga unit kapal tersebut bisa mempermudah konektivitas antar pulau baik untuk masyarakat Aceh maupun untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

"Selain untuk meningkatkan PAD Aceh, tiga kapal ini juga untuk mempermudah masyasrakat dalam mobilitas ekonomi. Hasil petani di setiap pulau akan semakin mudah dibawa untuk dijual," ujarnya.

Ia memprediksi setelah Covid-19 ini selesai, wisatawan baik lokal maupun mancanegara akan melonjak datang ke Aceh. Sehingga Pemerintah Aceh harus bisa menyiapkan secara matang kehadiran wisatan kedepan.

Baca: Plt Gubernur Optimistis 3 Unit Kapal Aceh Hebat Beroperasi Januari 2021

"Dengan adanya kapal ini bisa semakin menarik wisatawan datang ke Aceh, kalau selama ini di hari-hari tertentu wisatawan harus antri naik kapal, dengan adanya kapal ini kita harapkan hal itu tidak terjadi lagi," kata Muhammad Khaidir.

Ketiga kapal yang dibeli tersebut melayani rute Banda Aceh-Sabang, Labuhan Haji-Simeulue dan Singkil-Pulau Banyak. Pemerintah Aceh sangat optimis kapal tersebut bisa beroperasi pada Januari 2021.

KMP Aceh Hebat merupakan perwujudan dari program peningkatan konektivitas wilayah di bawah Dinas Perhubungan Aceh.

Pemerintah Aceh sendiri berharap dengan adanya kapal ini bisa mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi wilayah-wilayah terdepan dan kelancaran akses antar pulau di Aceh.

Komentar

Loading...