Tiga Daerah di Aceh Alami Inflasi 0,43 Persen

Tiga Daerah di Aceh Alami Inflasi 0,43 Persen
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh mencatat tiga kabupaten/kota di Aceh pada Oktober 2021 mengalami inflasi sebesar 0,43 persen.

Tiga daerah tersebut, yakni Meulaboh terjadi inflasi sebesar 0,62 persen, Kota Banda Aceh 0,38 persen dan Kota Lhokseumawe sebesar 0,45 persen.

"Secara agregat, gabungan tiga kota itu, Aceh mengalami inflasi sebesar 0,43 persen pada Oktober," kata BPS mengutip dari laman aceh.bps.go.id.

Koordinator Fungsi Statistik Distribusi BPS Provinsi Aceh, Muhamad Irawan mengatakan, perkembangan harga komoditasi pada Oktober secara umum menunjukkan adanya kenaikan.

Pasalnya terjadi inflasi sebesar 0,43 persen atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 106,84 pada September menjadi 107,30 pada Oktober 2021.

"Inflasi ini tejadi karena adanya kenaikan harga baik itu kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 1,20 persen,"ujarnya.

Kemudian kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar rumah tanggap sebesar 1,10 persen. Kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,16 persen.

Kelompok transportasi sebesar 0,36 persen. Kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,13 persen. Kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,09 persen, dan kelompok penyediaan makan dan minuman/restoran sebesar 0,02 pesen.

"Tingkat inflasi mulai dari Januari-Oktober 2021 sebesar 0,71 persen dan tingkat tahun ke tahuun Oktober 2020 ke Oktober 2021 itu sebesar 1,90 persen,"pungkasnya.

Perlu diketahui, inflasi sendiri ialah merupakan suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus, kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas pada barang lainnya. 

Editor:

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini