Unduh Aplikasi

Tiga Bakal Calon Ketua PSSI Resmi Daftar ke Komite Pemilihan

Tiga Bakal Calon Ketua PSSI Resmi Daftar ke Komite Pemilihan
Ilustrasi pemilihan Ketua Umum PSSI. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

JAKARTA - Tiga bakal calon Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum secara resmi kompak mendaftarkan diri untuk maju dalam Kongres Pemilihan PSSI pada Senin (30/9).

Pasangan Mochamad Iriawan atau Iwan Bule dan Cucu Sumantri yang lebih dulu mendatangi ruangan Komite Pemilihan di Lantai 12 Kantor PSSI di Fx Sudirman. Kemudian disusul pasangan Arif Putra Wicaksono dan Doni Setiabudi serta pasangan Rahim Soekasah dan Doli Sinumba Siregar secara berurutan.

Lihat juga: Lika-liku Markus Horison Si Legenda Timnas Indonesia
Menurut sumber CNNIndonesia.com, Iwan Bule mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon ketua umum PSSI 2019-2023 kepada Komite Pemilihan pada pagi hari. Namun, Iwan Bule disebut masih enggan memberikan komentar resmi usai mendaftar lantaran masih sibuk memonitor situasi keamanan negara.

Sementara Arif yang datang bersama wakilnya menyebut sudah memenuhi persyaratan yang diminta Komite Pemilihan untuk maju jadi PSSI 1 selama empat tahun ke depan. Soal dukungan, Arif mengatakan sejauh ini sudah ada tiga member PSSI yang telah memberikan dukungan.

Arif bahkan mengungkapkan sudah berdiskusi lebih dulu dengan salah seorang pengacara yang bekerja di Pengadilan Arbitrase Olahraga Dunia (CAS) mengenai persyaratan untuk bakal calon Ketua Umum PSSI.

"Menurut mereka [pengacara CAS yang berbasis di Eropa] kami sudah terkualifikasi dengan persyaratan PSSI baik dengan statuta, peraturan dan segala macamnya, track record-nya. Jadi mudah-mudahan kami masuk. Kami berdua percaya diri dengan pengalaman yang kami miliki ada kapasitas tambahan untuk PSSI," jelas Arif yang ditemui CNNIndonesia.com.

Arif juga berencana untuk memboyong pelatih asal Belanda, Frank de Boer untuk mengisi kursi pelatih Timnas Indonesia jika ia terpilih menjadi Ketum PSSI periode 2019-2023. Arif menyebut sudah memiliki skema pendanaan tersendiri untuk membawa mantan pelatih Ajax dan Inter Milan itu ke Indonesia.

"Arah kita [Indonesia] kan juga total football, tapi jika diserahkan ke Frank de Boer dia punya pengalaman yang jauh lebih dari yang diciptakan Filanesia [Filosofi Sepak Bola Indonesia], minimal itu ya," terang Arif.

Sementara itu, Rahim Soekasah dan Doli Siregar menunjuk Amsori Thohir sebagai Ketua tim sukses untuk mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PSSI ke Komite Pemilihan. Meskipun ada beberapa kelengkapan dokumen yang disebut masih kurang, Amsori memastikan hal itu akan langsung diselesaikan, Selasa (1/10).

Setelah resmi mendaftarkan diri, Doli mengatakan bakal langsung bergerak untuk menjemput bola dengan menemui pemilik suara guna mensosialisasikan visi dan misi serta mencari dukungan.

"Kami mempunyai program karena ketua umum kami tahu sekali tentang bola, kami ingin PSSI atau sepak bola Indonesia diperhitungkan di kancah Asia setelah kita tahu bahwa prestasi kita saat ini kurang baik. Kami juga ingin membersihkan borok-borok yang ada di PSSI ini, karena di situ kunci utamanya," ucap Doli yang didapuk sebagai bakal calon Wakil Ketua Umum PSSI bersama Rahim Soekasah tersebut.

Komentar

Loading...