Unduh Aplikasi

Tidak Mudik, Mahasiswa Aceh Diberikan Bantuan Uang Tunai

Tidak Mudik, Mahasiswa Aceh Diberikan Bantuan Uang Tunai
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh memberikan bantuan uang tunai kepada mahasiswa asal Aceh yang sedang mengenyam pendidikan baik di dalam maupun luar negeri. Mengingat saat ini mereka tidak diizinkan mudik.

Bantuan atas instruksi Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah itu akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing mahasiswa penerima.

Asisten II Setda Aceh, T Ahmad Dadek mengatakan, bantuan itu sebagai bentuk perhatian pemerintah Aceh terhadap mahasiswa/i yang tetap bertahan di luar karena pandemi virus corona (Covid-19).

Baca: Dyah Erti Idawati Serahkan Bantuan untuk Mahasiswa LN/DN di Rusun Unsyiah

Dadek menyebutkan, besaran bantuan yang diberikan itu bervariasi, untuk mahasiswa dalam negeri sebesar Rp 1 juta per orang, sedangkan luar negeri Rp 2,5 juta setiap mahasiswa.

“Dibantu paling banyak Rp 2,5 juta untuk mahasiswa di luar negeri. Lalu bagi mahasiswa Aceh di dalam Indonesia maksimal Rp 1 juta per orang,” kata Dadek saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (28/4).

Dadek menyampaikan, persyaratan penerimaan bantuan tersebut, para mahasiswa wajib mengirimkan  fotokopi KTP, surat pernyataan aktif kuliah dari kampus masing-masing, serta buku tabungan (nomor rekening).

"Bantuan dikirim sesuai mekanisme dan aturan berlaku, berpedoman pada standar akutansi Indonesia,” ujarnya.

Sejauh ini, kata Dadek, untuk mahasiswa di luar negeri yang baru terdaftar hanya 89 orang dari Sudan. Sedangkan dari negera lain masih dalam proses pendataan.

"Sementara di luar Aceh atau masih dalam Indonesia sebanyak 434 mahasiswa," tutur Dadek.

Banner Kerja Sama Aceh Hebat

Komentar

Loading...