Unduh Aplikasi

Pastikan Belajar Daring di Tengah Covid-19 Maksimal, Siswa Dikontrol Menggunakan Sistem

Pastikan Belajar Daring di Tengah Covid-19 Maksimal, Siswa Dikontrol Menggunakan Sistem
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Cabang Aceh Barat. Foto: Net

ACEH BARAT - Sejak diterapkan sistem pendidikan daring akibat Pandemi Covid-19, banyak siswa SMA/SMAK di Kecamatan Pante Ceureumen dan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, menghabiskan waktu dengan mengais rezeki lewat mendulang emas di kawasan sungai daerah tersebut. Hal ini pun mulai memunculkan keresahan tersendiri bagi orang tua siswa disana, sebab anak mereka tidak lagi fokus pada pelajaran.

“Orang tua disana banyak yang mengeluh selama ini untuk segera diberlakukan sistem belajar tatap muka. Karena anak-anak mereka sudah disibukkan pergi mencari emas, di saat mereka harusnya belajar. Dan kondisi ini mulai dirasakan keresahan oleh orang tua mereka,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri HD, melalui Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Cabang Aceh Barat, Hajidam, Rabu (30/9).

Dikatakan Hajidam, ketakutan ini muncul dari orang tua siswa karena ditakutkan kedepan anak-anak mereka yang selama ini masih duduk dibangku sekolah akan putus sekolah, karena lebih memilih mencari uang dari pada belajar.

Kekhawatiran dari orang tua siswa tersebut, kata dia, menjadi hal yang lumrah sebab memang jika siswa yang telah terpengaruh dengan uang, dari hasil bekerja akan membuat mereka merasa lebih penting bekerja mencari uang dari pada belajar.

Menurutnya selama ini, banyak siswa yang tidak memanfaatkan belajar di rumah, selama ini siswa tidak mengetahui jika siswa yang tidak belajar terdeteksi dipartisipan diperangkat yang telah diterapkan oleh sekolah.

“Jadi selama ini bagi siswa yang tidak belajar saat mapel diberikan banyak yang tidak tahu bahwa mereka terdeteksi di aplikasi partisipan sehingga mereka tidak belajar. Jadi siapa yang tidak ikut sekolah membuat teguran,” kata Hajidam.

Komentar

Loading...