Unduh Aplikasi

Tes Swab dengan PCR Hanya Butuh Waktu Sehari

Tes Swab dengan PCR Hanya Butuh Waktu Sehari
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh telah melaunching laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk pemeriksaan swab pasien terkait virus corona (Covid-19) di daerah Siron Aceh Besar, Kamis (16/4).

Dengan diluncurkannya PCR tersebut, maka pemeriksaan swab pasien corona di Aceh tidak perlu lagi harus ke Jakarta, sudah bisa langsung di laboratorium tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif mengatakan proses pemeriksaan swab melalui PCR tersebut tidak membutuhkan waktu lama hingga hasilnya keluar. Bisa selesai dalam waktu sehari.

Hanif menyampaikan, jika hari ini dilakukan pemeriksaan swab pasien melalui PCR tersebut, maka dipastikan besok sudah diketahui apakah pasien yang bersangkutan positif atau negatif virus corona.

"Hari ini masuk (butuh waktu sehari), besok jadi, pokoknya yang masuk hari ini besok sudah bisa ambil hasilnya," kata Hanif kepada wartawan usai mengikuti prosesi launching laboratorium PCR bersama Plt Gubernur Aceh.

Baca: Cairan Reagen Sudah Tiba di Aceh, Hanya untuk 80 Sampel

Hanif menyebutkan, untuk hari ini memang baru ada dua swab pasien dalam pengawasan (PDP) yang akan diperiksa melalui PCR itu. Kedua pasien tersebut berasal dari Kabupaten Gayo Lues, dan dirawat di RS Cut Meutia Aceh Utara.

"Sejauh ini baru dua, mereka pasien PDP yang dirujuk ke RS Cut Meutia Aceh Utara," ujarnya.

Selain itu, Hanif juga menuturkan bahwa Aceh sudah memiliki sebanyak 7.200 alat rapid test hingga hari ini. Bahkan sedang proses penyaluran ke kabupaten/kota Se-Aceh.

"Sudah, lagi disalurkan (alat rapid test)," jawabnya singkat.

Namun, mengenai jumlah yang sudah dilakukan rapid test, Hanif belum mengetahuinya, karena data lengkap belum diterima sampai hari ini.

"Belum, belum tahu datanya, nanti kalau sudah ada saya sampaikan. Karena belum dilaporkan secara lengkap," tutur Hanif.

Banner Kerja Sama Aceh Hebat

Komentar

Loading...