Unduh Aplikasi

Terus Dibenah, Pantai Kuthang Jadi Tempat Wisata Islami Favorit di Pijay

Terus Dibenah, Pantai Kuthang Jadi Tempat Wisata Islami Favorit di Pijay
Pantai Wisata Islami Pidie Jaya. Foto: AJNN.Net/Muksalmina

PIDIE JAYA - Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya terus mengembangkan lokasi wisata di kabupaten tersebut. Salah satunya Pantai Wisata Islami di Kecamatan Trienggadeng.

Pantai yang dulunya dikenal dengan Pantai Wisata Kuthang Trienggadeng itu kini berubah nama menjadi Pantai Wisata Islami Pidie Jaya.

Pada tahun 2017 dan 2018, pemerintah setempat mengelontorkan anggaran sebesar Rp 3 miliar lebih untuk sejumlah pembangunan yang terbagi dari pmbangunan ruang ganti pada tahun 2017 sebesar Rp 746 juta dan pembangunan panggung kesenian sebesar Rp 1 miliar. Sedangkan pada tahun 2018, anggaran sebesar Rp 1.6 miliar dipoltkan untuk pembangunan pagar pantai wisata tersebut.

Pada tahun 2019, pemerintah setempat melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pidie Jaya kembali mempercantik Pantai Wisata Islami itu. Saat ini terdapat empat item pekerjaan sedang dilakukan pengerjaan, yaitu, pembangunan tempat parkir dengan anggaran sebesar Rp 479 juta, Rp 337 juta untuk pembangunan jalan setapak.

Selanjutnya pembangunan gazebo sebesar Rp 353 juta. Terakhir pembangunan 42 unit pergole atau "jambo" sebesar Rp 1.2 miliar.

Pembenahan pantai wisata Tringgadeng yang dilakukan oleh pemkab setempat itu bebuah hasil manis, sebelumnya hanya ratusan orang yang mengunjungi pantai itu.

Namun belakangan, saat akhir pekan tiba, pengunjung ke pantai tersebut mencapai ribuan orang.

"Saat akhir pekan, di pagi hari saja, ratusan warga berenang di pantai. Dan pengunjung terus berdatangan hingga sore hari," kata Abdul Muthaleb, pengelola tempat pancing di pantai tersebut kepada AJNN, Minggu (20/10).

Untuk masuk kesana, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 3 ribu untuk sepeda motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil. Jumlqh tersebut sudah termasuk tiket parkir.

"Tiket tidak diambil per pengunjung bang, tapi per kenderaan, untu mobil Rp 5 ribu, motor Rp 3 ribu. Dan ini sudah ketentuan yang ditetapkan oleh Pemda," kata salah seorang petugas tiket.

Komentar

Loading...